View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENGGUNAAN CDI DAN KOIL RACING TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 160 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (41.04Kb)
      HALAMAN JUDUL (374.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (53.63Mb)
      ABSTRACT (101.0Kb)
      BAB I (199.1Kb)
      BAB II (697.4Kb)
      BAB III (787.6Kb)
      BAB IV (497.9Kb)
      BAB V (186.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (66.23Kb)
      LAMPIRAN (840.8Kb)
      Date
      2016-08-22
      Author
      RUSWANTO, DWI ISNAINI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Peningkatan penggunaan motor saat ini mengalami kemajuan yag sangat pesat, banyak juga orang yang menginginkan performa mesin motor mengingkat tanpa mempengaruhi efisiensinya. untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan pengapian yang sempurna, Salah satunya dengan mengganti part berupa CDI dan Koil racing pada motor 4 langkah 160 cc berbahan bakar premium. dengan pengapian yang sempurna diharapkan akan mempengaruhi karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor yang dihasilkan juga akan lebih baik, dikarenakan output yang dihasilkan part racing lebih besar sehingga mempengaruhi karakteristik percikan bunga api . Penelitian ini dilakukan pada motor 4 langkah 160 cc untuk mengetahui percikan bunga api, daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dari variasi yang dilakukan. pengujian karakteristik bunga api memakai alat peraga percikan bunga api dan untuk pengujian kinerja motor menggunakan alat dynamometer dengan cara pengujian dilakukan pada putaran mesin 4500 – 10000 RPM. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan uji jalan pada kecepatan +/- 60 km/jam dengan takaran bahan bakar yang digunakan sebanyak 250 ml. Dari hasil penelitian, bunga api terbaik pada variasi CDI BRT dengan Koil Standar Karena bunga api konstan dengan suhu sebesar 7000 K – 8000 K. Daya terbesar didapat pada variasi CDI BRT dengan Koil Standar pada putaran 7830 RPM dengan daya sebesar 13,5 HP. Torsi tertinggi sebesar 13,43 N.m pada Putaran 6320 RPM dengan variasi CDI BRT dan Koil KTC. Sedangkan konsumsi bahan bakar yang teririt pada variasi CDI Standar dan Koil Standar dengan jarak 45,73 km/liter.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7060
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV