View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      TINJAUAN KINERJA INLET JALAN UNTUK MENGURANGI GENANGAN AKIBAT LIMPASAN HUJAN (Studi Kasus dengan Menggunakan Model Inlet Persegi pada Trotoar Jalan dengan Hambatan Batu Kerikil)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (55.33Kb)
      HALAMAN JUDUL (65.60Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (506.5Kb)
      ABSTRACT (52.91Kb)
      BAB I (89.69Kb)
      BAB II (100.1Kb)
      BAB III (248.1Kb)
      BAB IV (1.193Mb)
      BAB V (279.3Kb)
      BAB VI (84.68Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (89.29Kb)
      Date
      2016-08-26
      Author
      RINGGA, MAGA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Inlet menerima air permukaan dan menyalurkannya ke saluran drainase. Street Inlet adalah bukaan/lubang di sisi-sisi jalan yang berfungsi untuk menampung dan menyalurkan limpasan air hujan yang berada sepanjang jalan menuju ke saluran, tidak adanya inlet dapat membuat genangan air di jalan ditambah dengan hujan yang deras jalan dapat mengalami kerusakan. Karena, tidak ada tempat yang menampung atau menyalurkan limpasan air hujan. Jika ada inlet, genangan air yang ada di jalan dapat ditampung dan disalurkan ke saluran drainase, walaupun ada inlet harus juga memperhatikan jarak, ukuran, peletakkan, penempatan dan hal-hal yang dapat menghambat air yang masuk ke inlet. Agar inlet dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai intensitas hujan dari tinggi curah hujan pada jalan, menentukan koefisien limpasan sesuai dengan daerah tipe aliran, mengetahui pengaruh street inlet terhadap volume atau tinggi genangan pada jalan, dan melakukan pengujian perbandingan nilai debit limpasan terhadap jumlah street inlet yang sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk pengujian intensitas hujan alternatif 1 nilai rata-rata dari 1 lubang inlet adalah 1,96 mm/menit, 2 lubang inlet 1,92 mm/menit, dan 3 lubang inlet 1,99 mm/menit. Untuk hasil pengujian intensitas hujan alternatif 2 nilai rata-rata dari 1 lubang inlet adalah 1,87 mm/menit, 2 lubang inlet 1,97 mm/menit, dan 3 lubang inlet 1,71 mm/menit. Hasil pengujian koefisien limpasan alternatif 1 mendapatkan hasil 1 lubang inlet adalah 0,80, 2 lubang inlet 0,85, dan 3 lubang inlet 0,93. sedangkan pada pengujian koefiisen limpasan alternatif 2. 1 lubang inlet 0,74, 2 lubang inlet 0,85, dan 3 lubang inlet 0,84. Menunjukkan bahwa nilai koefisien limpasan sesuai dengan ketetapan yang ada pada tabel koefisien aliran. Untuk pengujian volume genangan disimpulkan bahwa volume genangan dengan jumlah 1 lubang inlet terjadi genangan lebih tinggi dari jumlah 2 inlet, sedangkan 3 inlet lebh rendah. Untuk hasil analisis debit limpasan menunjukkan bahwa debit limpasan pada 1 lubang inlet lebih kecil dari debit limpasan 2 lubang inlet dan 3 lubang inlet.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7215
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV