View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI 2 JENIS KOIL DAN VARIASI 4 JENIS BUSI TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 135 CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX PLUS

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (47.68Kb)
      HALAMAN JUDUL (263.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (275.0Kb)
      ABSTRACT (5.675Kb)
      BAB I (95.14Kb)
      BAB II (672.8Kb)
      BAB III (825.3Kb)
      BAB IV (815.1Kb)
      BAB V (90.64Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (188.7Kb)
      LAMPIRAN (1.679Mb)
      Date
      2016-08-05
      Author
      PRATAMA, ARIQ DICKY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Transportasi di Indonesia mulai berkembang setelah bangsa asing berdatangan ke Indonesia. Salah satu transportasi yang paling banyak diminati adalah jenis kendaraan sepeda motor. Akan tetapi kondisi wilayah Indonesia yang bervariasi membuat peforma sepeda motor tidak stabil. Maka dari itu sangat diperlukan penggantian komponen-komponen pada sistem pengapian untuk meningkatkan performa sepeda motor. Komponen tersebut antara lain Capasitor Discharge Ignition (CDI), Ignition Coil (Koil), dan Spark Plug (Busi). Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin 4 langkah 135cc dengan penggunaan variasi 2 jenis koil dan 4 jenis busi. Pengujian dilakukan dengan alat uji percikan bunga api busi, dynotest, dan uji jalan. Parameter yang dicari adalah percikan bunga api busi, torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Hasil yang didapatkan pada pengujian besar percikan bunga api, penggunaan koil KTC Racing dengan busi NGK G-Power menghasilkan bunga api yang besar dengan warna biru tua pada bunga api menunjukan nilai temperatur mencapai 10.000 hingga 12.000 K. Torsi dan daya terbesar dihasilkan pada penggunaan koil KTC Racing dengan busi NGK standar, dengan besar torsi yang dihasilkan 12.49 N.m dan daya yang di hasilkan sebesar 12 HP. Konsumsi bahan bakar terendah dengan bahan bakar pertamax plus dihasilkan pada penggunaan koil KTC Racing dan busi NGK G-Power dengan besar konsumsi bahan bakar 65.47 km/
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7250
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV