View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (219.6Kb)
      BAB I (138.8Kb)
      BAB II (423.5Kb)
      BAB III (200.7Kb)
      BAB IV (242.5Kb)
      BAB V (99.56Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (100.2Kb)
      Date
      2016
      Author
      PUSPITA, SYLVIE
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang : Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif learning yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para pengajar yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam STAD para mahasiswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat orang yang berbedabeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran STAD. Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain semu eksperimen (quasy-experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 68 mahasiswa keperawatan semester 6 yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 34 kelompok intervensi dan 34 kelompok kontrol. Hasil penelitian : Penelitian dilakuakn selama 3 minggu dengan 3 kali memberikan metode STAD kepada kelompok intervensi dengan adanya kelompok kontrol. Sebelum intervensi dilakukan mahasiswa diberikan modul. didapatkan adanya perbedaan motivasi dan prestasi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Adanya peningkatan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa pada kelompok intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasi uji T-test pada motivasi mahasiswa dengan nilai 0,00<0,05. Pada prestasi dibuktikan dengan uji Mann- Whitney dengan nilai 0,00<,005. Kesimpulan : Metode STAD merupakan salah salah satu metode pembelajaran SCL (Student Canterad Leraning) yang dibisa diterapkan pada mahasiswa keperawatan. Dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7251
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV