View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERANCANGAN FRAME PESAWAT MODEL PARATRIKE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (149.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (190.6Kb)
      ABSTRACT (84.40Kb)
      BAB I (200.3Kb)
      BAB II (2.097Mb)
      BAB III (882.0Kb)
      BAB IV (1.166Mb)
      BAB V (197.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (69.71Kb)
      Date
      2016-12-03
      Author
      FIONO, ELIS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perancangan frame pesawat paratrike bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penerbang (pilot) yang kurang mampu menggunakan paramotor (footlunch). Hal ini, disebabkan oleh cacat fisik dari seorang penerbang sehingga, dibutuhkan desain khusus yaitu frame pesawat paratrike. Pada bulan Januari 1990, paralayang mulai muncul di Indonesia ditandai dengan berdirinya kelompok terjun gunung merapi di Yogyakarta, namun perkembangan olahraga paralayang di Indonesia belum berkembang secara luas karena belum banyak riset tentang perancangan paratrike dikalangan anak bangsa Indonesia. Maka dari itu, desainer mencoba melakukan re-design dari frame paratrike yang sudah ada. Bahan yang digunakan pada perancangan frame pesawat paratrike adalah aluminium 6061 dan stainless stell, perhitungan secara manual dan simulasi pembebanan menggunakan Software Autodesk Inventor 2016 adalah acuan utama yang dipilih oleh desainer. Sedangkan harga-harga yang diperoleh dari perhitungan dan simulasi pembebanan pada frame pesawat paratrike adalah sebagai berikut: untuk diameter gandar yang mampu menumpu beban sebesar 1030 N adalah 15.25 mm, dengan diketahuinya harga diameter gandar maka dapat digunakan untuk memilih bantalan yang sesuai yaitu no bearing 6302, faktor kendala umur bantalan dengan pembebanan secara terus menerus adalah 3,9 tahun, sedangkan untuk ketebalan kampuh lasan yang mampu menumpu beban 1030 N dengan las fillet melingkar adalah 7,07 mm dibuat 10 mm, pada frame pesawat paratrike terdapat sambungan ulir, bahan mur dan baut yang digunakan adalah setailess stell A2-70 dengan ulir metrik M8 dan M10, pegas yang digunakan adalah pegas ulir tekan dengan d 7,5 mm dan D 37.5 mm panjang 230 mm, dengan defleksi total 8mm berdasarkan surve dilapang didapatkan ukuran pegas yang mendekati hasil perhitungan yaitu merk DBS variasi milik YAMAHA JUPITER Z.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7391
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV