View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Pharmacy
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PELAKSANAAN DAN ANALISIS PENGARUH EARLY PHARMACEUTICAL EXPOSURE (EPE) BLOK 5 (FARMASI DASAR IV) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      NASKAH PUBLIKASI (206.5Kb)
      Date
      2016
      Author
      FRIZA, AYUTYA BASTIAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Early Pharmaceutical Exposure (EPE) adalah kegiatan kunjungan oleh mahasiswa Program Studi Farmasi UMY terkait dengan materi blok, sebagai bentuk early exposure sehingga membantu mahasiswa mempelajari keterampilan klinik dan landasan ilmiah serta meningkatkan motivasi untuk memahami hal tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan EPE blok 5 dari perspektif mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan EPE terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa blok 5 Program Studi Farmasi UMY. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sample secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Farmasi UMY angkatan 2015 yang telah mengikuti EPE di blok 5. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 responden, yang diberikan kuesioner evaluasi pelaksanaan dan tingkat pengetahuan mahasiswa blok 5 Program Studi Farmasi UMY. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences), kemudian diuji menggunakan uji Wilcoxon. Intepretasi hasil uji statistik, apabila P value > α (0,05) maka tidak ada perbedaan skor yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa. P value ≤ α (0,05) maka terdapat perbedaan skor yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan, evaluasi pelaksanaan EPE blok 5 dari perspektif mahasiswa adalah 73,34% EPE telah berlangsung baik dan 27% cukup. Tingkat pengetahuan mahasiswa sebelum melaksanakan EPE 50% baik, 14% cukup dan 3,34% kurang baik, setelah dilaksanakan EPE tingkat pengetahuan mahasiswa meningkat yaitu 90% baik dan 10% cukup dengan p value = 0,000 artinya terdapat pengaruh EPE terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa setelah mengikuti EPE.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7574
      Collections
      • Department of Pharmacy

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV