dc.description.abstract | Latar Belakang : Entrepreneur merupakan seseorang yang menyukai perubahan dengan temuan-temuan
baru yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, sehingga sifat tersebut menjadi pokok tambahan
pengembangan kurikulum sebagai penciri visi jiwa entrepreneurship. Tujuan penelitian mengetahui evaluasi
visi jiwa entreprenenurship dalam pengembangan kurikulum tahap sarjana keperawatan menggunakan model
systematic action research. Metode : Penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan kolaboratif yang
dilaksanakan dalam 2 tahap adalah pra siklus dan siklus. Tahap siklus dilakukan sebanyak 3 siklus dengan
proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian berasal dari pihak internal dan
eksternal institusi dengan jumlah total 28 partisipan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode focus
group discussion (FGD). Teknik analisa data menggunakan pemilihan kata kunci, penentuan kategori, sub
tema dan tema. Hasil : Evaluasi visi jiwa entrepreneur dengan profil lulusan berupa “entrepreneurial developers
nurse” yang memiliki 16 capaian pembelajaran, 27 bahan kajian, 3 mata kuliah, metode pembelajaran
dengan pendekatan TCL dan SCL, serta metode penilaian dengan tes tertulis, checklist dan penilaian buku
laporan. Kesimpulan : Penyusunan kurikulum dengan visi entrepreneurship dilakukan dengan memenuhi
dokumen kurikulum berupa profil lulusan, capaian pembelajaran, bahan kajian, mata kuliah, metode
pembelajaran dan penilaian. | en_US |