FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MANAJEMEN LABA PADA INITIAL PUBLIC OFFERING DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas audit, arus kas operasi, ukuran perusahaan, perubahan laba, tingkat leverage dan presentase saham yang ditawarkan ke publik saat IPO terhadap manajemen laba dan initial public offering. Hasil pemilihan sampel dengan metode purposive sampling diperoleh jumlah sample sebanyak 48 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kualitas audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO. Arus kas operasi berpengaruh negatif terhadap manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO. Presentasi saham yang ditawarkan kepada publik berpengaruh negatif terhadap manajemen laba pada perusahaan yang melakukan IPO.