dc.contributor.advisor | WAHYUDI | |
dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.author | MOMINTAN, ABD RAHMAN | |
dc.date.accessioned | 2017-01-02T03:03:28Z | |
dc.date.available | 2017-01-02T03:03:28Z | |
dc.date.issued | 2013-12-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7756 | |
dc.description | Penambahan ethanol menjadi salah satu alternatif terhadap banyaknya penggunaan bahan bakar fosil yang akan habis pada beberapa tahun ke depan. Tetapi dengan menggunakan ethanol terdapat kendala dalam hal pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yang disebabkan oleh angka oktan dan kadar air yang ada pada ethanol. Dalam mengatasi hal tersebut variasi timing pengapian menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kinerja mesin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing timing standar torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi CDI standar dan CDI racing timing non-standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (mf) lebih rendah dari pada kondisi CDI racing. | en_US |
dc.description.abstract | Penambahan ethanol menjadi salah satu alternatif terhadap banyaknya penggunaan bahan bakar fosil yang akan habis pada beberapa tahun ke depan. Tetapi dengan menggunakan ethanol terdapat kendala dalam hal pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yang disebabkan oleh angka oktan dan kadar air yang ada pada ethanol. Dalam mengatasi hal tersebut variasi timing pengapian menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kinerja mesin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing timing standar torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi CDI standar dan CDI racing timing non-standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (mf) lebih rendah dari pada kondisi CDI racing. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | ETHANOL | en_US |
dc.subject | TIMING PENGAPIAN | en_US |
dc.subject | CDI RACING | en_US |
dc.subject | CDI STANDAR | en_US |
dc.subject | MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH | en_US |
dc.title | KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL 40% | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |