dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.advisor | SANTOSO, TITO HADJI AGUNG | |
dc.contributor.author | AWALUL .M, GHILMAN | |
dc.date.accessioned | 2017-01-11T05:50:58Z | |
dc.date.available | 2017-01-11T05:50:58Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8108 | |
dc.description | Setelah dilakukan penelitian ini dapat diketahui bahwa setiap jenis busi
memiliki pengaruh terhadap karakteristik percikan bunga api, torsi, daya dan
konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Dalam dunia otomotif pengembangan
terhadap komponen-komponen sistem pengapian terus dilakukan, salah satunya
adalah pengembangan busi dan diciptakannya CDI digital hyper band. Busi dapat
dibedakan dari dua sisi, sisi yang pertama dilihat dari tingkat panas busi (panas,
sedang, dingin) dan sisi kedua dilihat dari material elektroda (nikel, platinum dan
iridium).
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi jenis busi terhadap
karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Karisma X 125 cc perlu
dilakukan penelitian yang akurat. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan
bakar Premium. Pengujian ini untuk mencari unjuk kerja mesin 4 langkah meliputi
torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa percikan bunga api yang paling
baik dihasilkan oleh busi Denso Iridium IU27-CDI BRT. Nilai torsi tertinggi
dihasilkan oleh busi Denso Iridium IU27-CDI BRT yaitu sebesar 10,54 N.m pada
putaran mesin 4547 rpm. Nilai daya tertinggi dihasilkan oleh busi NGK CPR6EAGP-
9-CDI BRT yaitu sebesar 9,0 HP pada putaran mesin 6758 rpm. Busi Denso Iridium
IU27-CDI BRT memiliki konsumsi bahan bakar yang paling efisien dimana dengan 1
liter premium dapat menempuh jarak sejauh 70,42 km. Mengacu pada hasil pengujian
tersebut maka busi Denso Iridium IU27 adalah busi yang paling tepat digunakan
untuk sepeda motor Honda Karisma X 125 cc. | en_US |
dc.description.abstract | Setelah dilakukan penelitian ini dapat diketahui bahwa setiap jenis busi
memiliki pengaruh terhadap karakteristik percikan bunga api, torsi, daya dan
konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Dalam dunia otomotif pengembangan
terhadap komponen-komponen sistem pengapian terus dilakukan, salah satunya
adalah pengembangan busi dan diciptakannya CDI digital hyper band. Busi dapat
dibedakan dari dua sisi, sisi yang pertama dilihat dari tingkat panas busi (panas,
sedang, dingin) dan sisi kedua dilihat dari material elektroda (nikel, platinum dan
iridium).
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi jenis busi terhadap
karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Karisma X 125 cc perlu
dilakukan penelitian yang akurat. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan
bakar Premium. Pengujian ini untuk mencari unjuk kerja mesin 4 langkah meliputi
torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa percikan bunga api yang paling
baik dihasilkan oleh busi Denso Iridium IU27-CDI BRT. Nilai torsi tertinggi
dihasilkan oleh busi Denso Iridium IU27-CDI BRT yaitu sebesar 10,54 N.m pada
putaran mesin 4547 rpm. Nilai daya tertinggi dihasilkan oleh busi NGK CPR6EAGP-
9-CDI BRT yaitu sebesar 9,0 HP pada putaran mesin 6758 rpm. Busi Denso Iridium
IU27-CDI BRT memiliki konsumsi bahan bakar yang paling efisien dimana dengan 1
liter premium dapat menempuh jarak sejauh 70,42 km. Mengacu pada hasil pengujian
tersebut maka busi Denso Iridium IU27 adalah busi yang paling tepat digunakan
untuk sepeda motor Honda Karisma X 125 cc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UMY | en_US |
dc.subject | BUSI | en_US |
dc.subject | CDI BRT | en_US |
dc.subject | TORSI | en_US |
dc.subject | DAYA DAN BAHAN BAKAR PREMIUM | en_US |
dc.title | PENGARUH VARIASI PENGGUNAAN 8 BUSI DAN CDI BRT HYPER BAND TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA X 125 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
430 | en_US |