View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER 8 GRAM, 9 GRAM, 10 GRAM, 11 GRAM DAN 12 GRAM MENGGUNAKAN PEGAS CVT 800 RPM (STANDAR) TERHADAP KINERJA MOTOR HONDA SCOOPY 108 CC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (135.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (159.6Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (538.5Kb)
      ABSTRAK (88.85Kb)
      BAB I (100.3Kb)
      BAB II (757.0Kb)
      BAB III (943.4Kb)
      BAB IV (680.5Kb)
      BAB V (91.20Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (203.9Kb)
      LAMPIRAN (2.960Mb)
      Date
      2016
      Author
      RHOIS, FATHONI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Saat ini produk otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah dilengkapi sistem transmisi otomatik. Jenis transmisi otomatik yang digunakan adalah CVT (Continously Variable Transmission) sistem, seperti pada Honda Scoopy, Beat, Vario. Sepeda motor yang bertransmisi otomatis memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah lebih praktis dalam pemakaian dibandingkan dengan sepada motor yang bertransmisi manual. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil daya, torsi dan akselerasi terhadap pengaruh pemakaian roller dan mengetahui perbandingan pengaruh penggunaan variasi berat roller 8 gram, 9 gram, 10 gram, 11 gram dan 12 gram (standar) dengan menggunakan pegas CVT 800 rpm (standar), terhadap kinerja motor Honda Scoopy 108 cc. Penelitian ini dilakukan untuk mengertahui dampak penggunaan variasi berat roller 8 gram, 9 gram, 10 gram, 11 gram dan 12 gram (standar) dengan menggunakan pegas CVT 800 rpm (standar), setelah dilakukan penggantian roller diharapkan dapat meningkatkan kinerja motor bakar 4 langkah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu dengan menyalakan mesin dan menahan throttle pada 3000 rpm setelah stabil pada 3000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 9000 rpm. Hasil dari penelitian ini di dapatkan. Jika menggunakan roller yang beratnya lebih ringan contohnya roller 8 gram, 9 gram,10 gram maka di dapatkan hasil lebih maksimal di kecepatan putar rendah, menengah, dan tinggi. Dibandingkan menggunakan roller standar yang beratnya 12 gram. Sedangkan roller 11 gram hasilnya tidak terlalu signifikan dengan roller 12 gram, namun beda pada tenaga awalnya saja. Kelemahan dari roller 8 gram, 9 gram, 10 gram ini adalah hanya mendapatkan akselerasi dan torsi bagus pada kecepatan putar rendah saja. Sedangkan pada kecepatan putar tinggi kurang maksimal. Jika menggunakan roller 11 gram dan 12 gram maka akselerasi dan torsi akan mendapakan hasil yang kurang maksimal, akan tetapi mendapatkan daya yang maksimal.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8415
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV