PERBANDINGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MODEL TSAQIFA DAN MODEL IQRO’ DI MTS MUHAMMADIYAH SEMANU DAN MTS MUHAMMADIYAH WATES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan persepsi siswa terhadap
penggunaan cara cepat membaca Al-Qur’an dengan Model Tsaqifa dan Model Iqro’ di
MTs Muhammadiyah Semanu dan MTs Muhammadiyah Wates Kulonprogo. Penelitian
ini menggunakan pendekatan deskriptif komparatif kuantitatif. Subyek penelitian
merupakan 100 siswa dari MTs Muhammadiyah Semanu dan 176 siswa dari MTs
Muhammadiyah Wates dengan populasi sebanyak 276 siswa. Teknik sampling yang
digunakan yaitu non-probability sampling dengan mengambil 25% dari populasi. Metode
pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket, wawancara, dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara persepsi siswa terhadap
penggunaan Model Tsaqifa dan Model Iqro’ di MTs Muhammadiyah Semanu dan MTs
Muhammadiyah Wates Kulonprogo, yang diperoleh dari to atau t hitung 3,98 > t tabel
pada taraf signifikansi 5% (2,00) dan 1% (2,65). Karena “t” yang diperoleh dalam
perhitungan (yaitu to = 3,98) lebih besar daripada “tt”, maka hipotesis alterntif (Ha)
diterima, yaitu ada perbedaan persepsi siswa terhadap penggunaan Model Iqro’ dan
Model Tsaqifa di MTs Muhammadiyah Semanu dan MTs Muhammadiyah Wates
Kulonprogo.