View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI CDI DAN KNALPOT TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH 150 CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (115.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (269.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (547.0Kb)
      INTISARI (82.36Kb)
      BAB I (91.72Kb)
      BAB II (594.1Kb)
      BAB III (868.0Kb)
      BAB IV (570.2Kb)
      BAB V (11.95Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (134.4Kb)
      LAMPIRAN (94.11Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (582.3Kb)
      Date
      2016-09-10
      Author
      KUSWOYO, DEDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, maka komponen yang ditawarkan di pasaran semakin banyak jenisnya. CDI racing dan knalpot racing merupakan komponen yang banyak dijumpai di pasaran otomotif. Penggantian CDI racing dan knalpot racing bertujuan untuk meningkatkan performa kinerja mesin yaitu mengalami peningkatan torsi dan daya. Berdasarkan keterangan di atas maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh penggantian komponen pengapian dan gas buang terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar pada motor empat langkah 150 cc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin empat langkah 150 cc merek Suzuki Satria F dengan alat uji Dynamometer untuk pengujian torsi, daya, dan uji jalan untuk pengujian konsumsi bahan bakar. Pengujian dilakukan pada empat kondisi yaitu CDI Standar Knalpot Standar (kondisi 1), CDI Bintang Racing Team Knalpot Standar (kondisi 2), CDI Standar Knalpot racing (kondisi 3) dan CDI Bintang Racing Team Knalpot racing (kondisi 4). Parameter yang dicari adalah torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Variasi putaran pada putaran mesin 6000, 7000, 8000, 9000, 10000, 11000, 12000 rpm. Perbandingan torsi tertinggi didapat pada variasi CDI Bintang Racing Team Knalpot racing yaitu 11,99 N.m pada putaran mesin 8037 rpm dan daya paling besar juga dihasilkan oleh CDI Bintang Racing Team Knalpot racing yaitu 14,7 HP pada putaran mesin 9105 rpm dikarenakan penggunaan CDI racing dan knalpot racing menghasilkan pengapian yang lebih besar dari standarnya dan gas buang yang lancar. Sehingga proses pembakaran akan menjadi lebih cepat di ruang bakar. Konsumsi bahan bakar paling rendah didapat pada penggunaan CDI Standar Knalpot Standar yaitu 34,25 km/l, sedangkan konsumsi bahan bahan bakar paling tinggi pada CDI racing Knalpot racing yaitu 29,58 km/l. Penggunaan CDI racing dan knalpot racing mempengaruhi konsumsi bahan bakar karena pengapian yang dihasilkan lebih besar jadi pembakaran lebih cepat dan lebih sempurna di ruang bakar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8469
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV