View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD N TLOGO BANTUL YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (54.09Kb)
      DAFTAR ISI (145.1Kb)
      KATA PENGANTAR (178.9Kb)
      NOTA DINAS (321.3Kb)
      SURAT PERNYATAAN (189.6Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (312.5Kb)
      ABSTRAK (152.8Kb)
      BAB I (177.7Kb)
      BAB II (243.9Kb)
      BAB III (406.3Kb)
      BAB IV (285.3Kb)
      BAB V (75.83Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (82.22Kb)
      LAMPIRAN (400.9Kb)
      Date
      2016
      Author
      RIANI, RISQIAGUS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) efektivitas pendekatan pembelajaran PAI, (2) keaktifan belajar, dan (3) hubungan antara efektivitas pendekatan pembelajaran PAI dengan keaktifan belajar siswa kelas IV di SD Tlogo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N Tlogo Bantul Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa yang sekaligus dijadikan sampel, sehingga penelitian ini tergolong penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitan adalah angket model skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment yang didahului uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efektivitas pendekatan pembelajaran PAI siswa kelas IV di SD N Tlogo Bantul Yogyakarta dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata (Mean) = 57,42 pada interval antara 52,26 – 61,78. (2) Keaktifan belajar siswa kelas IV di SD N Tlogo Bantul Yogyakarta dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata (Mean) = 56,46 pada interval antara 49,5 – 58,5. (3) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efektivitas pendekatan pembelajaran PAI dengan keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN Tlogo Bantul Yogyakarta dengan nilai rxy 0,651 > rtabel 0,334. Koefisien determinan (R2) sebesar 0,424, artinya besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel efektivitas pendekatan pembelajaran PAI (X) terhadap variabel keaktifan belajar (Y) adalah sebesar 42,4%, sedangakan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8486
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV