HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD N TLOGO BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) efektivitas pendekatan pembelajaran PAI, (2) keaktifan belajar, dan (3) hubungan antara efektivitas pendekatan pembelajaran PAI dengan keaktifan belajar siswa kelas IV di SD Tlogo Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N Tlogo Bantul Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa yang sekaligus dijadikan sampel, sehingga penelitian ini tergolong penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitan adalah angket model skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment yang didahului uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efektivitas pendekatan pembelajaran PAI siswa kelas IV di SD N Tlogo Bantul Yogyakarta dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata (Mean) = 57,42 pada interval antara 52,26 – 61,78. (2) Keaktifan belajar siswa kelas IV di SD N Tlogo Bantul Yogyakarta dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata (Mean) = 56,46 pada interval antara 49,5 – 58,5. (3) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efektivitas pendekatan pembelajaran PAI dengan keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN Tlogo Bantul Yogyakarta dengan nilai rxy 0,651 > rtabel 0,334. Koefisien determinan (R2) sebesar 0,424, artinya besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel efektivitas pendekatan pembelajaran PAI (X) terhadap variabel keaktifan belajar (Y) adalah sebesar 42,4%, sedangakan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.