Show simple item record

dc.contributor.authorWIDAYAT, WAHYU
dc.date.accessioned2017-01-17T02:45:52Z
dc.date.available2017-01-17T02:45:52Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8488
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap keberhasilan implementasi pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Karangjati Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif naratif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, para guru, komite sekolah dan seluruh siswa kelas VI. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket untuk siswa. Data dianalisis secara deskriptif, dan analisis persentase %. Hasilnya menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Islam berhasil, hal ini ditunjukan dengan keberhasilan perolehan nilai siswa baik segi afektif, kognitif dan psikomotor diatas KKM yaitu 75. Keberhasilan itu didukung oleh : (1) Program pendidikan karakter di SD N Karangjati dimasukan sejak dirumuskan dan disusun kurikulum (KTSP) serta dilaksanakan dalam tiga pokok kegiatan yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan esktra kurikuler. (2) Implementasi pendidikan karakter di SD N Karangjati dilaksanakan dengan merumuskan indikator representatif dalam rencana pembelajaran berbagai pelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam. (3) Keberhasilan pendidikan karakter di SD N Karangjati juga dapat dilihat dari hasil angket 81 yang menunjukan variabel religius siswa rata-rata perolehan skornya adalah 70,%, variabel jujur rata-rata perolehan skornya 71,2%, variabel disiplin rata-rata perolehan skornya 60,1%, variabel peduli lingkungan rata-rata perolehan skornya 60%, dan variabel cinta tanah air rata-rata perolehan skornya 60%.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap keberhasilan implementasi pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Karangjati Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif naratif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, para guru, komite sekolah dan seluruh siswa kelas VI. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket untuk siswa. Data dianalisis secara deskriptif, dan analisis persentase %. Hasilnya menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Islam berhasil, hal ini ditunjukan dengan keberhasilan perolehan nilai siswa baik segi afektif, kognitif dan psikomotor diatas KKM yaitu 75. Keberhasilan itu didukung oleh : (1) Program pendidikan karakter di SD N Karangjati dimasukan sejak dirumuskan dan disusun kurikulum (KTSP) serta dilaksanakan dalam tiga pokok kegiatan yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan esktra kurikuler. (2) Implementasi pendidikan karakter di SD N Karangjati dilaksanakan dengan merumuskan indikator representatif dalam rencana pembelajaran berbagai pelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam. (3) Keberhasilan pendidikan karakter di SD N Karangjati juga dapat dilihat dari hasil angket 81 yang menunjukan variabel religius siswa rata-rata perolehan skornya adalah 70,%, variabel jujur rata-rata perolehan skornya 71,2%, variabel disiplin rata-rata perolehan skornya 60,1%, variabel peduli lingkungan rata-rata perolehan skornya 60%, dan variabel cinta tanah air rata-rata perolehan skornya 60%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KARAKTERen_US
dc.titleANALISIS KEBERHASILAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KARANGJATI BANTULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record