STUDI DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) GEOMETRIK JALUR GANDA KERETA API STASIUN RENGAS - STASIUN SULUSUBAN, LAMPUNG
Abstract
Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang harus didukung dari berbagai proses pembangunan. Dengan perkembangan pembangunan yang baik akan meningkatkkan perekonomian yang lebih baik. Kemajuan ekonomi nasional tidak lepas dari peranan penting transportasi, baik transportasi laut, udara, maupun darat. Namun dengan semakin terbatasnya kapasitas layanan jalan, kereta api menjadi solusi yang tepat dengan berbagai keunggulannya. khususnya dalam penyelenggaraan transportasi nasional yang terintegritas. Untuk itu penyelenggaraan perkeretaapian nasional di masaa depan harus mampu menjamin pergerakan orang dan barang di seluruh wilayah Indonesia.
Studi ini direncanakan pada lintas Rejosari – Cempaka koridor Rengas – Sulusuban, yaitu mulai dari Stasiun Rengas sampai dengan Stasiun Sulusuban sepanjang 22,6 km. Stasiun Rengas dimulai dari stationing Km 47 + 025 dan berakhir pada stasiun Sulusuban dengan stationing Km 68 + 625. Pada Studi ini dilakukan perancangan Detail Engineering Design (DED) geometrik jalur ganda kereta api berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012.
Berdasarkan studi yang telah dilakukan dan menganalisis data lapangan yang berupa peta topografi sebagai dasar perancangan geometri jalur kereta api ganda, didapat hasil berupa alinemen horizontal dan vertical, potongan melintang dan memanjang jalur kereta api ganda,dan rancangan anggaran biaya jalur kereta api ganda Stasiun Rejosari sampai Rengas sebesar Rp1,181,221,000,000,- dan bila dirata-ratakan maka akan didapat biaya sebesar Rp52,266,000,000,- per kilometer