PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL DAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh tingkat
pengetahuan agama Islam terhadap akhlaq; 2) pengaruh pengamalan agama Islam
terhadap akhlaq, dan 3) pengaruh tingkat pengetahuan dan pengamalan agama
Islam terhadap akhlaq siswa SMK Muhammadiyah I Tempel Sleman dan SMK
Muhammadiah 2 Moyudan Sleman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey korelasional
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X
dan XI SMK Muhammadiyah 1 Tempel dan SMK Muhammadiyah 2 Moyudan
Sleman, sejumlah 349 siswa. Sampel diambil dengan proportional random
sampling, sejumlah 150 responden. Teknik pengumpulan data digunakan
kuesioner. Teknik analisis data digunakan regresi ganda dengan dua prediktor.
Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan agama Islam siswa
termasuk dalam kategori baik. Pengamalan agama Islam siswa termasuk dalam
kategori baik. Akhlak siswa termasuk dalam kategori baik. Ada pengaruh tingkat
pengetahuan agama Islam terhadap akhlak, dengan t-hitung sebesar 2,612 dan p
sebesar 0,010. Ada pengaruh pengamalan agama Islam terhadap akhlak, dengan thitung
sebesar 2,791 dan p sebesar 0,006. Ada pengaruh tingkat pengetahuan dan
pengamalan agama Islam terhadap akhlak siswa SMK Muhammadiyah 1 Tempel
dan SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman, dengan F-hitung sebesar 8,311
dan p sebesar 0,000. Tingkat pengetahuan agama Islam mempunyai sumbangan
efektif terhadap akhlak siswa sebesar 4,8%, sedangkan pengamalan agama Islam
sebesar 5,4%.