INTERNALISASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI KALANGAN SANTRI KALONG PONDOK PESANTREN MIFTAHUSSALAM BANYUMAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui secara mendalam perilaku santri kalong di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. (2) menganalisis nilai-nilai kedisiplinan dalam membentuk karakter Islami santri kalong Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. (3) mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi kedisiplinan santri kalong Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Nilai-nilai kedisiplinan yang diterapkan dalam membentuk karakter Islami santri di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas meliputi; (1) disiplin masuk kelas, (2) disiplin belajar, (3) disiplin waktu shalat, (4) disiplin berpakaian.
Subjek penelitian dari penelitian ini adalah santri kalong (nglaju) di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas pada internalisasi nilai-nilai kedisiplinan dalam pembentukan karakter Islami, yang dari mereka dapat diketahui perubahan perilaku, dimana santri kalong (nglaju) dalam proses pembelajaran harus mentaati tata tertib pesantren agar menjadi pribadi yang baik dan berdisiplin.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa: pengamatan terlibat, wawancara mendalam dengan melibatkan empat informan yaitu: Pengasuh Pesantren, Waka Kesiswaan, Guru Kelas dan Santri Kalong (nglaju), dan dokumentasi berupat ulisan dan gambar atau karya monumental sebagai pelengkap penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini,dapat penulis simpulkan: (1) perilaku santri kalong (nglaju) Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas dalam hal kedisiplinan masih sangat kurang. (2) Secara umum internalisasi nilai-nilai kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas berjalan dengan baik, dan mampu membentuk karakter Islami. Faktor-faktor yang memengaruhi kedisiplinan santri kalong (nglaju) Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas berdasarkan penelitian adalah: Pertama, ketauladanan asatiz dalam memberikan contoh kedisiplinan pada para santri, tata cara berpakaian, proses pembelajaran, juga waktu shalat. Kedua, tata tertib disiplin santri dan hukuman yang mendidik bagi santri yang melanggar disiplin sebagai konsekuensi logis atas pelanggaran disiplin santri. Ketiga, sarana dan prasarana yang lengkap dan representatif yang mendukung proses kedisiplinan santri. Keempat, lingkungan yang mendukung kearah kedisiplinan.