View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ISMUBA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI SD MUHAMMADIYAH KARANGPLOSO TAHUN AJARAN 2016/2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.96Kb)
      HALAMAN JUDUL (744.4Kb)
      C. LEMBAR PENGESAHAN.pdf (226.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (226.2Kb)
      ABSTRACT (389.1Kb)
      BAB I (172.0Kb)
      BAB II (255.6Kb)
      BAB III (222.4Kb)
      BAB IV (632.4Kb)
      BAB V (88.16Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (164.1Kb)
      LAMPIRAN (1.684Mb)
      Date
      2016-12-28
      Author
      WIBOWO, WIJANG PRASANGKO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI A SD Muhammadiyah Karang Ploso Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa VI A SD Muhammadiyah Karang Ploso Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian, instrumen untuk mengetahui keaktifan belajar siswa berupa lembar observasi, serta instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap peningkatan keaktifan belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Sebelum penelitian ini dilakukan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI A di SD Muhammadiyah Karangploso cenderung masih rendah. Dibuktikan dengan wawancara tidak terstruktur dengan guru mata pelajaran Al-Islam serta observasi secara langsung di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, persentase keaktifan belajar siswa dari siklus 1 sebesar 76,38% meningkat menjadi 84,37% pada siklus 2 dan sudah melebihi Indikator keberhasilan yaitu 75%. Pembelajaran kooperatif tipe TPS juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus 1 terdapat 4 dari 35 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus 2 telah terjadi peningkatan, dengan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7,83 poin dari 82,22 pada siklus 1, menjadi 90,05 pada siklus 2.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8568
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV