PERBEDAAN TINGKAT DEPRESI PADA SISWA YANG PERNAH TINGGAL DI ASRAMA DAN YANG BELUM PERNAH TINGGAL DI ASRAMA
Abstract
Latar Belakang : Tumbuh kembang merupakan proses yang berkesinambungan yang terjadi sejak intrauterin dan terus berlangsung hingga dewasa. Orangtua sangat berperan dalam tumbuh kembang pada anak, remaja yang disekolahkan orangtuanya di asrama yang jauh dari orangtuanya akan mengalami peristiwa kehilangan objek yang dicintainya. Sehingga akan mengalami kesedihan yang mendalam, hal ini yang cenderung memicu terjadinya depresi.
Tujuan Penelitian : Mengetahui apakah ada perbedaan pada siswa yang pernah tinggal di asrama dan yang belum pernah tinggal di asrama pada sekolah dengan sistem boarding school.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian cross sectional dengan cara pengisian kuisioner. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi dari SMK Kesehatan Kaltara Tarakan yang tinggal di asrama. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara urut absen dari 3 angkatan dengan jumlah responden yaitu 100 responden. Responden diberi kuisioner BDI (Beck depression Inventory) dan mengisi data diri beserta inform consent. Setelah didapatkan data, data akan di uji dengan uji chi-square dengan menggunakan SPSS.
Hasil dan Kesimpulan : Diperoleh hasil dengan uji analitik p = 0.928. kesimpulan dari nilai p tersebut adalah bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna pada perbedaan tingkat depresi pada siswa yang pernah tinggal di asrama dan yang belum pernah pada sekolah dengan sistem boarding school