PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION NASABAH SIMPANAN (STUDI KASUS PADA BMT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
Abstract
BMT sebagai salah satu pilihan masyarakat terkait lembaga keuangan berbasis syariah semakin menghadapi tantangan yang lebih besar, melihat semakin ketatnya persaingan yang dihadapi mengharuskan BMT untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan dan memperkuat segmen pasar agar dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Hal ini juga sedang dihadapai oleh BMT UMY. BMT dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalis pengaruh etika bisnis islam terhadap customer retention nasabah simpanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah simpanan pada BMT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berjumlah 3000 nasabah, sedangkan jumlah sampel berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan quota sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan variabel etika bisnis islam berpengaruh positif signifikan terhadap customer retention nasabah simpanan dimana variabel kebenaran memiliki pengaruh terbesar terhadap customer retention dengan nilai beta sebesar 0,271, sedangkan variabel tanggung jawab memiliki pengaruh paling kecil terhadap customer retention dengan nilai beta sebesar 0,152. Secara simultan variabel keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran berpengaruh positif signifikan terhadap customer retention. Sehingga dapat disimpulkan variabel etika bisnis Islam (keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, kebenaran) berpengaruh terhadap customer retention pada BMT UMY.