View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (240.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.297Mb)
      HALAMAN JUDUL (124.3Kb)
      ABSTRACT (333.0Kb)
      BAB I (409.3Kb)
      BAB II (289.8Kb)
      BAB III (151.5Kb)
      BAB IV (632.5Kb)
      BAB V (326.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (359.6Kb)
      LAMPIRAN (1.896Mb)
      Date
      2016-12-27
      Author
      MASRUROH, SITI NAFISATUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran tahfidz al-Quran di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran tahfidz al-Quran. Menganalisis pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran tahfidz al-Quran. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi ex post fakto menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian evaluasi menggunakan teori stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 34 siswi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data Kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan tahapan reduksi, display. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context menunjukkan bahwa, dukungan dari sekolah terhadap program pembelajaran tahfidz al-Quran ini sudah baik, namun pada aspek kompetensi siswi, perlu diperhatikan lagi karena berkaitan dengan pencapaian target hafalan yang harus selesai diakhir semester. (2) Evaluasi input telah diketahui kemampuan awal siswi karena telah dilakukan placemen test baca al-Qur’an. Pada aspek peraturan yang mendukung sudah baik, hanya perlu lebih ditegaskan lagi bahwa program pembelajaran tahfidz merupakan salah satu syarat kenaikan kelas dan kelulusan. (3) Evaluasi process menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dinilai sudah baik karena berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Pada aspek penggunaan metode pembelajaran dan media yang digunakan dirasa kurang efektif karena waktunya tidak mencukupi. (4) Evaluasi product menunjukkan bahwa sebanyak 47% siswi kelas XI belum mencapai target hafalannya diakhir semester sehingga harus mengikuti kelas remidi tahfidz. Oleh karena itu program pembelajaran tahfidz al-Quran untuk kelas XI Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta belum berhasil.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8785
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV