PENANAMAN NILAI-NILAI SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DAN PROBLEMATIKANNYA DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH BANSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana mengetahui pelaksanaan penanaman nilai-nilai sopan santun. Selain itu, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penanaman nilai-nilai sopan santun dan untuk mengetahui apa saja kendala yang ditemukan dalam penanaman nilai-nilai sopan santun bagi peserta didik di TK Masyithoh Banjarsari. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan nilai-nilai sopan santun bagi peserta didik di TK Masyithoh Bansari didasarkan pada kurikulum di sekolah yang dipakai saat ini, yaitu pendidikan karakter pada peserta didik. Adapun materi sopan santun di sekolah yang ditanamkan seperti : sikap dan cara berbicara, sikap duduk, sikap berdiri, sikap berjalan, sikap berpakaian, sikap makan dan minum, dan sikap dengan pergaulan orang lain.