PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNIGN (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII A MTs MUHAMMADIYAH WONOSARI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena keaktifan dan prestasi siswa hasil pembelajaran Fiqih kelas VIII A MTs Muhammadiyah Wonosari sangat rendah. Hal ini terjadi sebagai akibat dari pembelajarna yang kurang menarik dan membosankan . Guru sebenarnya telah menerapkan metode everyone is a teacher here, namun tidak dapat diterapkan secara efektif dan maksimal. Siswa justru kebingungan dan kesulitan. Karena metode everyone is a teacher here ini hanya berlangsung di akhir pembelajaran saja. Di awal dan saat inti pembelajaran , guru menjelaskan materi dengan ceramah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih. Baik keaktifan maupun prestasi belajar siswa meningkat secara bertahap.