View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KUALITAS DAN EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (94.75Kb)
      HALAMAN JUDUL (389.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (156.3Kb)
      ABSTRAK (90.81Kb)
      BAB I (420.8Kb)
      BAB II (394.1Kb)
      BAB III (2.482Mb)
      BAB IV (127.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (322.6Kb)
      LAMPIRAN (46.11Kb)
      Date
      2016
      Author
      HARDONO, WISNU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi aspek luas dalam kehidupan sosial, termasuk dalam sistem pemerintahan. Lahirnya sistem e-goverment dalam pemerintahan juga dilandasi oleh perkembangan teknologi yang pesat. Daerah Istimewa Yogyakarta mengadopsi sistem tersebut dengan tujuan memangkas birokrasi dan memberikan transparansi kepada masyarakat. Pemerintah Indonesia juga mendukung sistem e-goverment dengan mengeluarkan Instruksi Presiden Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi Nasional pengembangan E-Goverment. Untuk mengetahui kualitas dan efektivitas pelayanan e-goverment, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bertujuan untuk mendapatkan data secara akurat dari pemerintah dan masyarakat. Dengan menjelaskan keadaan Dishbkominfo yang didapatkan melalui penelitian secara langsung melalui wawancara, data yang diperoleh menentukan kinerja pemerintah dalam e-goverment. Hasil penelitian yang didapat dari instansi berkait juga dari masyarakat membuktikan kinerja pemerintah dalam bidang e-goverment menunjukan data yang beragam. Selain itu penulis juga melakukan kajian terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan pemerintah selama e-goverment terbentuk. Semua kinerja pemerintah dapat dilihat dari kualitas website yang ditampilkan, dan efektivitas target dari pemerintah. Pada efektivitas masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh pemerintah guna semakin memperbaiki sistem birokrasi yang sudah dibentuk. Dari hasil penelitian dan olah data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kinerjan Dishubkominfo dalam bidang e-goverment sudah cukup berkualitas dinilai dari kesiapan website. Namun hal berbeda jika dinilai dari sisi efektivitas belum mampu dipenuhi. Kedua unsur diatas seharusnya dapat dipenuhi oleh pemerintah dengan kinerja yang serius dalam menghadirkan pelayanan dan informasi. Untuk kedepanya saran dariuntuk Dishubkominfo mampu membenahi kekurangan yang terdapat dalam website e-goverment ataupun menyusun ulang strategi guna memenuhi target untuk mencapai nilai efektivitas suatu pelayanan publik. Dengan melakukan peninjauan ulang dari website pemerintahan DIY diharapkan dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan kinerja dalam e-goverment khususnya pada kualitas dan efektivitas pelayanan website.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8917
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV