Show simple item record

dc.contributor.authorHARDONO, WISNU
dc.date.accessioned2017-01-30T03:58:26Z
dc.date.available2017-01-30T03:58:26Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8918
dc.descriptionPerkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi aspek luas dalam kehidupan sosial, termasuk dalam sistem pemerintahan. Lahirnya sistem e-goverment dalam pemerintahan juga dilandasi oleh perkembangan teknologi yang pesat. Daerah Istimewa Yogyakarta mengadopsi sistem tersebut dengan tujuan memangkas birokrasi dan memberikan transparansi kepada masyarakat. Pemerintah Indonesia juga mendukung sistem e-goverment dengan mengeluarkan Instruksi Presiden Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi Nasional pengembangan E-Goverment. Untuk mengetahui kualitas dan efektivitas pelayanan e-goverment, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bertujuan untuk mendapatkan data secara akurat dari pemerintah dan masyarakat. Dengan menjelaskan keadaan Dishbkominfo yang didapatkan melalui penelitian secara langsung melalui wawancara, data yang diperoleh menentukan kinerja pemerintah dalam e-goverment. Hasil penelitian yang didapat dari instansi berkait juga dari masyarakat membuktikan kinerja pemerintah dalam bidang e-goverment menunjukan data yang beragam. Selain itu penulis juga melakukan kajian terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan pemerintah selama e-goverment terbentuk. Semua kinerja pemerintah dapat dilihat dari kualitas website yang ditampilkan, dan efektivitas target dari pemerintah. Pada efektivitas masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh pemerintah guna semakin memperbaiki sistem birokrasi yang sudah dibentuk. Dari hasil penelitian dan olah data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kinerjan Dishubkominfo dalam bidang e-goverment sudah cukup berkualitas dinilai dari kesiapan website. Namun hal berbeda jika dinilai dari sisi efektivitas belum mampu dipenuhi. Kedua unsur diatas seharusnya dapat dipenuhi oleh pemerintah dengan kinerja yang serius dalam menghadirkan pelayanan dan informasi. Untuk kedepanya saran dariuntuk Dishubkominfo mampu membenahi kekurangan yang terdapat dalam website e-goverment ataupun menyusun ulang strategi guna memenuhi target untuk mencapai nilai efektivitas suatu pelayanan publik. Dengan melakukan peninjauan ulang dari website pemerintahan DIY diharapkan dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan kinerja dalam e-goverment khususnya pada kualitas dan efektivitas pelayanan website.en_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi aspek luas dalam kehidupan sosial, termasuk dalam sistem pemerintahan. Lahirnya sistem e-goverment dalam pemerintahan juga dilandasi oleh perkembangan teknologi yang pesat. Daerah Istimewa Yogyakarta mengadopsi sistem tersebut dengan tujuan memangkas birokrasi dan memberikan transparansi kepada masyarakat. Pemerintah Indonesia juga mendukung sistem e-goverment dengan mengeluarkan Instruksi Presiden Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi Nasional pengembangan E-Goverment. Untuk mengetahui kualitas dan efektivitas pelayanan e-goverment, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bertujuan untuk mendapatkan data secara akurat dari pemerintah dan masyarakat. Dengan menjelaskan keadaan Dishbkominfo yang didapatkan melalui penelitian secara langsung melalui wawancara, data yang diperoleh menentukan kinerja pemerintah dalam e-goverment. Hasil penelitian yang didapat dari instansi berkait juga dari masyarakat membuktikan kinerja pemerintah dalam bidang e-goverment menunjukan data yang beragam. Selain itu penulis juga melakukan kajian terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan pemerintah selama e-goverment terbentuk. Semua kinerja pemerintah dapat dilihat dari kualitas website yang ditampilkan, dan efektivitas target dari pemerintah. Pada efektivitas masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh pemerintah guna semakin memperbaiki sistem birokrasi yang sudah dibentuk. Dari hasil penelitian dan olah data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kinerjan Dishubkominfo dalam bidang e-goverment sudah cukup berkualitas dinilai dari kesiapan website. Namun hal berbeda jika dinilai dari sisi efektivitas belum mampu dipenuhi. Kedua unsur diatas seharusnya dapat dipenuhi oleh pemerintah dengan kinerja yang serius dalam menghadirkan pelayanan dan informasi. Untuk kedepanya saran dariuntuk Dishubkominfo mampu membenahi kekurangan yang terdapat dalam website e-goverment ataupun menyusun ulang strategi guna memenuhi target untuk mencapai nilai efektivitas suatu pelayanan publik. Dengan melakukan peninjauan ulang dari website pemerintahan DIY diharapkan dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan kinerja dalam e-goverment khususnya pada kualitas dan efektivitas pelayanan website.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectE-GOVERNMENTen_US
dc.subjectMEDIA PELAYANAN PUBLIKen_US
dc.subjectPEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAen_US
dc.titleANALISIS KUALITAS DAN EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record