EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs N PAKEM , MTs N 1 YOGYAKARTA , MTs N PRAMBANAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang konteks, input, proses dan produk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Yogyakarta, MTs Negeri Prambanan dan MTs Negeri Pakem.
Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods, dengan pendekatan penelitian menggunakan evaluasi CIPP (konteks, input, proses dan produk). Tempat penelitian adalah MTs N 1 Yogyakarta, MTs N Prambanan dan MTs N Pakem. Subjek penelitian adalah 3 guru pelajaran SKI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi.
Rekomendasi dari penelitian ini untuk segi konteks, madrasah mampu menyesuaikan perubahan kurikulum sesuai dengan tuntutan pemerintah, sehingga dari segi konteks perlu dipertahankan. Untuk segi input, kemampuan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti penyusunan silabus, prota, promes dan RPP perlu ditingkatkan. Untuk segi proses, kesesuaian program dengan jadwal dipertahankan, kemampuan guru perlu ditingkatkan, pemanfaatan sarana perlu ditingkatkan, Metode mengajar guru perlu ditingkatkan, hambatan pembelajaran diperbaiki. Untuk segi produk, guru hendaknya dapat menindaklanjuti hasil evaluasi siswa dengan remedial dan pengayaan, serta mendorong siswa untuk berani mengaplikasi semua materi SKI dalam kehidupan sehari-hari, sehingga secara keseluruhan produk perlu ditingkatkan.