PERAN ASSESSMENT CENTER DALAM PENGEMBANGAN KARIER PEGAWAI DI PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013
Abstract
Dalam rangka mewujudkan pemerintah yang bersih dan berwibawa serta mewujudkan pelayanan publik yang maksimal diperlukan pengembangan karier yang tepat. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat , yang dapat mengukur kompetensi pegawai secara obyektif sehingga hasil metode tersebut bisa digunakan sebagai salahs atu acuan dalam pengembangan karier pegawai. Assessment center merupakan metode untuk kompetensi manajerial pegawai. Pemda Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menerapkan assessment center untuk pengembangan karier pegawai. Selain itu Pemda Yogyakarta juga memiliki banyak prestasi , misalnya saja tahun 2012 Pemda Yogyakarta mendapatkan peringkat 1 tentang tata kelola pegawai. Selain itu Pemda juga mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 pada layanan pengukuran kompetensi pegawai serta layanan kenaikan pangkat PNS . Peran assessment center di Balai PKP sendiri dapat dilihat dari berbagai aspek mulai dari memperoleh kriteria jabatan tertentu , identifikasi kader-kader pemimpin, menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan dan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan manajerial pegawai.