dc.contributor.advisor | MA'RUF, AHMAD | |
dc.contributor.author | HULWANA, LAINUN | |
dc.date.accessioned | 2017-03-17T02:00:12Z | |
dc.date.available | 2017-03-17T02:00:12Z | |
dc.date.issued | 2017-01-17 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/9688 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi mahasiswa dalam memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan di Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu tahun 2016 Program Studi Ekonomi Pembangunan di Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 220 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Hasil yang didapat dari uji parsial penelitian ini adalah bahwa Kualitas pengajaran dan tenaga pendukungnya; fasilitas dan persepsi kualitas lulusan, berpengaruh positif. Sebaliknya, Biaya pendidikan beserta biaya hidup dan lokasi Universitas berpengaruh negatif. Akan tetapi, setelah dilakukan uji simultan didapatkan hasil, bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif terhadap preferensi mahasiswa dalam memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to identify the students’ preference in choosing the economics department at private university in Yogyakarta Special Region (Case study at Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia and Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). The subject of this research were those of fresh students batch 2016 of Economics Department of Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia and Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. The sample in this research consist of 220 respondents chosen randomly using purposive sampling. The method used was multiple linear regression.
This research conducts using variables: teaching quality and supporting staff; facilities; perception of graduates’ quality; education fee and living cost and location of University. Partial test proven that the first three variables mention earlier shows positive influence towards students’ preference in choosing economics department, meanwhile the last two variables shows the opposite. Yet, simultaneous test proven that all variables are positive relationship to the dependent variables. | en_US |
dc.publisher | FE UMY | en_US |
dc.subject | Consumer Behavior, Students’ Preference. Teori Perilaku Konsumen, Preferensi Mahasiswa | en_US |
dc.title | PREFERENSI MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN DI PERGURUAN TINGGI SWASTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
018 | en_US |