Show simple item record

dc.contributor.advisorSANTOSA, DWI
dc.contributor.authorSETIAWAN, FAHRURUDI
dc.date.accessioned2017-06-06T07:43:21Z
dc.date.available2017-06-06T07:43:21Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10646
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana kondisi akhlak siswa, upaya apa saja yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitianya adalah guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan peserta didik SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Data di kumpul dengan menggunakan 3 cara yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kondisi akhlak di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo ada tiga di antaranya: akhlak baik, cukup (sedeng) dan akhlak kurang baik. Namun pada umunya kondisi akhlak di sekolah tersebut sudah baik. (2) upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlak siswa di antaranya: sholat berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, ibadah sholat Sunnah, Achievement Motivation Training (AMT), membentuk klompok belajar dan pesantreen ramadhan. (3) faktor pendukung tenaga pendidik yang professional dan prasarana seperti media. Dan faktor penghambatnya belum adanya tempat ibadah di halaman sekolah, latar keluarga kurang mampu, kurangnya kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua siswaen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana kondisi akhlak siswa, upaya apa saja yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitianya adalah guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan peserta didik SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Data di kumpul dengan menggunakan 3 cara yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kondisi akhlak di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo ada tiga di antaranya: akhlak baik, cukup (sedeng) dan akhlak kurang baik. Namun pada umunya kondisi akhlak di sekolah tersebut sudah baik. (2) upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlak siswa di antaranya: sholat berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, ibadah sholat Sunnah, Achievement Motivation Training (AMT), membentuk klompok belajar dan pesantreen ramadhan. (3) faktor pendukung tenaga pendidik yang professional dan prasarana seperti media. Dan faktor penghambatnya belum adanya tempat ibadah di halaman sekolah, latar keluarga kurang mampu, kurangnya kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua siswaen_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectUpaya-Upaya, Guru, Meningkatkan Akhlak, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleUPAYA-UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BANGUNJIWOen_US
dc.typeThesis SKR 041en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record