KORELASI KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KAIWA NYUMON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar, hasil belajar Kaiwa Nyumon, dan korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Kaiwa Nyumon pada mahasiswa tingkat I Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengajar dan peserta didik dalam mengelola pembelajaran, serta bahan masukan evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif yang datanya diolah dengan kuantitatif korelasional. Analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank untuk mencari tahu korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Kaiwa Nyumon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar mahasiswa setengahnya dikategorikan pada tingkat cukup baik dengan persentase sebesar 50%, dan hasil belajar Kaiwa Nyumon mahasiswa bisa dikatakan sangat baik, karena lebih dari setengahnya memiliki kualifikasi istimewa dengan persentase mencapai 53,6%. Dari hasil analisis korelasi Spearman Rank menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,42. Setelah di bandingkan dengan tabel Rh0, maka r hitung = 0,42 > r tabel = 0,377 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Kaiwa Nyumon. Kemudian berdasarkan interpretasi data interval koefisien (0,40-0,599) tingkat signifikan pada korelasi tersebut berada pada kategori sedang.