View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN PEER-ASSISTED LEARNING (PAL) UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DI SKILL LABORATORY AKPER PEMKAB PONOROGO

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (104.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (684.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (68.26Kb)
      ABSTRAK (266.5Kb)
      BAB I (137.4Kb)
      BAB II (535.2Kb)
      BAB III (468.4Kb)
      BAB IV (137.9Kb)
      BAB V (134.0Kb)
      BAB VI (87.41Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (119.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (119.1Kb)
      LAMPIRAN (13.04Mb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      ANDRIANI, WIWIEK RETTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Kompetensi merupakan integrasi dari pengetahuan, keterampilan dan sikap professional. Kompetensi mahasiswa di skills laboratory sangat diperlukan sebagai bukti kesiapan praktik di klinik. Pembelajaran inovatif Peer-Assisted Learning diperlukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di skills lab. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode peer-assisted learning (PAL) dalam meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasy experiment dengan rancangan pre and post-test with control group design. Tehnik sampling simple random sampling, jumlah sampel 60 mahasiswa semester empat yang terbagi menjadi 30 kelompok perlakuan dan 30 kelompok kontrol. Instrumen penelitian untuk menilai kompetensi kognitif dengan multiple choice question. Kompetensi psikomotor dan afektif dinilai menggunakan checklist. Data dianalisis dengan uji statistik paired t-test, multivariate analysis of variance dengan derajat signifikansi 0,05. Hasil: Kompetensi kognitif sebelum diterapkan PAL dalam kategori tidak kompeten (42,40), setelah diterapkan PAL meningkat menjadi kompeten (84,26). Kompetensi psikomotor sebelum diterapkan PAL dalam kategori tidak kompeten (26,01), post-test meningkat menjadi kompeten (93,91). Pada kompetensi afektif sebelum diterapkan PAL termasuk kategori tidak kompeten (33,61), post-test meningkat menjadi kompeten (89,44). Hasil uji analisis multivariate analysis of variance didapatkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Kompetensi mahasiswa yang diterapkan peer-assisted learning (PAL) lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengikuti PAL.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10758
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV