Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorFAHRUDIN, ARIF
dc.date.accessioned2017-06-09T06:18:52Z
dc.date.available2017-06-09T06:18:52Z
dc.date.issued2017-05-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10762
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menguji adakah pengaruh intensitas menghafal al-Qur’an terhadap rasa hormat mahasiswa yang sedang melakukan proses pendidikan di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah. Hal ini sesuai dengan slogan yang berlaku di PUTM, yaitu “integritas ilmu dan amal”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini melibatkan seluruh ṭalabah PUTM yang berjumlah 46 orang, dan beberapa pendidik yang berperan aktif dalam lembaga tersebut. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket, obsevasi, dan dikuatkan dengan wawancara. data yang telah didapat akan diolah dengan analisis regresi linear sederhana, dan dibantu oleh program SPSS 20 sebagai aplikasi pengolahan data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat intensitas menghafal para ṭalabah PUTM mencapai angka 49,54 dan digenapkan menjadi 50. Rata-rata tersebut berada pada kategori baik, sehingga disimpulkan bahwa intensitas menghafal al-Qur’an para ṭalabah PUTM dikategorikan baik. Sedangkan rasa hormat ṭalabah mencapai rata-rata 42,15 dan digenapkan menjadi 42. Rata-rata tersebut berada pada kriteria baik, maka disimpulkan bahwa rasa hormat para ṭalabah PUTM dikategorikan baik. Adapun hasil regresi linear sederhana dari dua variabel tersebut menunjukkan besarnya koefisien regresi sebesar 0,392 yang mengandung pengertian dengan bertambahnya 1% intensitas menghafal akan menambah rasa hormat senilai 0,392, hasil koefisien yang menunjukkan positif (+) tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif antara variabel independen dengan variabel dependen. Sedangkan dari hasil regresi diketahui besar koefisien determinasi sebesar 0,366 yang menunjukkan bahwa pengaruh intensitas menghafal terhadap rasa hormat ṭalabah PUTM Putra sebesar 36,6%.en_US
dc.description.abstractThis research aims at analyzing the influence of intensity in memorizing al-Qur’an toward respect from students who are undergoing education program at Muhammadiyah Tarjih Ulema Education (PUTM). This is in accordance with the motto of PUTM that is “Integrity of knowledge and behavior”. The type of this research is field research with quantitative approach. The subject of the research involves all talabah of PUTM in total of 46 people, and several educators who actively participate in the institution. The data in the research was compiled through the methods of questionnaire, observation, and strengthen with interview. The compiled data would then be analyzed using simple linear regression analysis, supported by the SPSS 20 program as the statistical data processing. The result of the research indicates that the intensity level of talabah in memorizing al-Qur’an at PTUM reaches the number of 49,54 and is rounded to be 50. This average belongs to a good category, and therefore it is concluded that the intensity in memorizing al-Qur’an among talabah at PTUM is in good category. Whilst, respect from talabah reaches the number of 42,15 and is rounded to be 42. The number belongs to a good category, therefore it is concluded that respect from talabah at PTUM is in good category. Meanwhile, the result of the simple linear regression from two variables indicates the amount of regression coefficient is 0,392 which means that within respectively 1% increase on memorizing intensity, there will also be 0,392 increase in respect, the positive (+) coefficient result shows the existence of positive influence between independent and independent variable. On the other hand, coefficient of determination resulted from regression test is amounted at 0,366 which shows that the influence of intensity in memorizing al-Qur’an toward respect from talabah at PTUM for female student is 36,6%.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectmemorizing intensity, respect. intensitas menghafal, rasa hormaten_US
dc.titlePENGARUH INTENSITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP RASA HORMAT ṬALABAH KEPADA USTAD DAN MUSYRIF DI PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH PUTRAen_US
dc.typeThesis SKR 016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record