dc.contributor.advisor | NURISNA,ZUHRI | |
dc.contributor.author | NOVIANTO, EKO | |
dc.date.accessioned | 2017-06-12T03:54:00Z | |
dc.date.available | 2017-06-12T03:54:00Z | |
dc.date.issued | 2017-05-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10845 | |
dc.description | In the automotive modification is often needed to improve engine
performance. Now the powerful engine character is a necessity for every
motorcycle user. One way to improve optimum power on a motorcycle is by
modifying the camshaft. The purpose of this research is to know the effect of
camshaft modification on power character and engine torque.
This study is conducted by comparing the standard Camshaft and Camshaft
modifications to determine the difference of machine characters. To know the
difference of machine character need to do dynotest. Dynotest testing has been
done to determine the power and torque of the machine.
Result of dynotest using Camshaft standard has the highest power around
9.1 (HP) at RPM 5393. The highest torque is 13,28 (N.m) at RPM 4707.
Meanwhile dynotest using Camshaft modification has the highest power around
9,3 (HP) at RPM 5719. The highest torque is 13,54 (N.m) at RPM 3737. Power
and torque with different Camshaft has difference of power increased 0.2 HP and
the torque has a difference of 0.26 Nm. The use of Camshaft modification causes
maximum engine torsi faster than standard Camshaft usage. | en_US |
dc.description.abstract | Dalam dunia otomotif, modifikasi sering dibutuhkan untuk meningkatkan
performa mesin. Karakter mesin yang bertenaga kini menjadi kebutuhan setiap
pengguna sepeda motor. Salah satu cara untuk meningkatkan tenaga yang optimal
pada sepeda motor adalah dengan cara modifikasi pada camshaft. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi camshaft terhadap
karakter tenaga dan torsi mesin.
Penelitian ini di lakukan dengan membandingkan Camshaft standar dan
Camshaft modifikasi untuk mengetahui perbedaan karakter mesin. Untuk
mengetahui perbedaan karakter mesin perlu dilakukan pengujian dynotest.
Pengujian dynotest dilakukan untuk mengetahui power dan torsi mesin.
Dari hasil pengujian dynotest menggunakan Camshaft standar power
tertinggi 9,1 (HP) pada RPM 5393. Torsi tertinggi adalah 13,28 (N.m) pada RPM
4707. Dari penggunaan Camshaft modifikasi bahwa power tertinggi adalah 9,3
(HP) pada RPM 5719. Torsi tertinggi adalah 13,54 (N.m) pada RPM 3737. Power
dan torsi dengan Camshaft yang berbeda power meningkat 0.2 HP dan torsi
meningkat 0.26 Nm. Penggunaan Camshaft modifikasi menyebabkan torsi
maksimal mesin lebih cepat didapatkan dibandingan penggunaan Camshaft
standar. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Camshaft, Performa Mesin, Torsi, Horse Power. Camshaft, Engine Performance, Torsi, Horse Power. | en_US |
dc.title | ANALISIS PENGARUH MODIFIKASI CAMSHAFT PADA MESIN HONDA BEAT 110CC PGM-FI | en_US |
dc.type | Thesis
T A
VOK
034 | en_US |