ANALISIS PENGARUH MODIFIKASI CAMSHAFT PADA MESIN HONDA BEAT 110CC PGM-FI
Abstract
Dalam dunia otomotif, modifikasi sering dibutuhkan untuk meningkatkan
performa mesin. Karakter mesin yang bertenaga kini menjadi kebutuhan setiap
pengguna sepeda motor. Salah satu cara untuk meningkatkan tenaga yang optimal
pada sepeda motor adalah dengan cara modifikasi pada camshaft. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi camshaft terhadap
karakter tenaga dan torsi mesin.
Penelitian ini di lakukan dengan membandingkan Camshaft standar dan
Camshaft modifikasi untuk mengetahui perbedaan karakter mesin. Untuk
mengetahui perbedaan karakter mesin perlu dilakukan pengujian dynotest.
Pengujian dynotest dilakukan untuk mengetahui power dan torsi mesin.
Dari hasil pengujian dynotest menggunakan Camshaft standar power
tertinggi 9,1 (HP) pada RPM 5393. Torsi tertinggi adalah 13,28 (N.m) pada RPM
4707. Dari penggunaan Camshaft modifikasi bahwa power tertinggi adalah 9,3
(HP) pada RPM 5719. Torsi tertinggi adalah 13,54 (N.m) pada RPM 3737. Power
dan torsi dengan Camshaft yang berbeda power meningkat 0.2 HP dan torsi
meningkat 0.26 Nm. Penggunaan Camshaft modifikasi menyebabkan torsi
maksimal mesin lebih cepat didapatkan dibandingan penggunaan Camshaft
standar.