Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNDARI, SRI
dc.contributor.advisorSURYANDARI, GALUH
dc.contributor.authorIXORA, IXORA
dc.date.accessioned2017-06-13T01:59:44Z
dc.date.available2017-06-13T01:59:44Z
dc.date.issued2017-04-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10884
dc.description.abstractLatarBelakang : Kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui perbaikan proses pembelajaran dari teacher centered learning ke student centered learning. Metode contextual teaching learning model problem based instructure yang mengkaitkan isi pelajaran dengan lingkungan sekitar atau dunia nyata sehingga membuat pelajaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat Asuhan Keperawatan. Keberhasilan metode contextual teaching learning model problem based instructure dipengaruhi oleh tahapan struktur yang terdapat dalam metode CTL model PBI. TujuanPenelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran CTL model PBI terhadap kemampuan membuat Asuhan Keperawatan. Metode Penelitian : jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental (eksperimensemu), pendekatan pre-test dan post-test with control group. Teknik sampel dengan total sampling yaitu 80 mahasiswa, 40 mahasiswa sebagai kelompok control dan 40 mahasiswa sebagai kelompok intervensi. Instrumen yang dipakai adalah format asuhan keperawatan dan Rubrik penilaian Askep. Hasil penelitian diuji dengan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian : nilai rata-rata pre-test kemampuan membuat asuhan keperawatan pada kelompok intervensi 72.45 dan pada kelompok kontrol 68,03 sedangkan rata-rata nilai post test menggunakan metode CTL model PBI pada kelompok intervensi 81.48 dan pada kelompok kontrol 73.25, ada perbedaan nilai rata-rata. Kesimpulan : ada pengaruh yang signifikan metode CTL model PBI dalam meningkatkan kemampuan membuat asuhan keperawatanen_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING LEARNINGen_US
dc.subjectPROBLEM BASED INSTRUCTUREen_US
dc.subjectASUHAN KEPERAWATANen_US
dc.titlePENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT ASUHAN KEPERAWATANen_US
dc.typeThesis MKEP 66 2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record