KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stadar pelayanan publik bidang
administrasi kependudukan serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pencapaian standar
pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Fokus penelitian ini
terdiri dari menganilisis kualitas pelayanan, standar pelayanan, serta faktor – faktor yang
mempengaruhi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Sleman.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa kualitatif deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Kuesioner digunakan
sebagai reperesentatif penelitian. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, data
data penelitian ini berupa data survey menggunakan kuesioner. Pengumpulan data atau informasi
di lapangan yang bersifat primer atau sekunder, bersifat kualitatif.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kualitas pelayanan, standar pelayanan dan
faktor yang mempengaruhi pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Sleman sudah baik. Dibuktikan dengan data Survei berupa kuesioner dimana masyarkat yang
membutuhkan pelayanan yang mejadi responden. Dari kuesioner tersebut hasil dari survey yang
dilakukan dan kemudian diolah berdasarkan indikator masing-masing yang hasilnya rata-rata
dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik bidang
administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman
dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah maksimal namun harus membenahi
sektor informasi kepada masyarakat yang belom akurat ataupun kurang tepat sasaran.
Saran penulis (1) Sebaiknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman harus
bisa memaksimalkan fungsi sasaran mutu dan harus mempunyai target tercapai untuk
meningkatkan kinerja organisasi. (2) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Sleman seharusnya perlu meningkatkan kualitas mutu pelayanan dengan focus utama pada
pelanggan. Terutama masalah Sarana dan Prasarana di Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Sleman harus dilengkapi dan diperbaiki lagi untuk membuat masyarakat merasa
puas sehingga kualitas pelayanan semakin baik lagi (3) Sebaiknya dinas kependudukan dan
pencatatan sipil kabupaten sleman memberikan informasi yang lebih akurat dan informasi yang
dapat dengan mudah di capai oleh pengguna instansi yaitu masyarakat.