View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PEMODELAN LALU LINTAS SIMPANG APILL RING ROAD TIMUR, WONOCATUR, YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (15.86Kb)
      HALAMAN JUDUL (757.4Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (281.5Kb)
      ABSTRACT (139.1Kb)
      BAB I (94.39Kb)
      BAB II (247.7Kb)
      BAB III (944.9Kb)
      BAB IV (222.3Kb)
      BAB V (508.9Kb)
      BAB VI (164.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (82.82Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (579.7Kb)
      Date
      2017-05-18
      Author
      FAUZI, IQBAL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dewasa ini sering ditemukan beragam permasalahan yang terjadi pada jalan - jalan perkotaan di Indonesia. Hal ini terjadi akibat tingginya mobilitas masyarakat atau orang yang tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi dengan kapasitas jalan yang terbatas. Tempat yang biasanya menjadi sumber konflik- konflik pergerakan arus antar kendaraan adalah daerah persimpangan jalan karena merupakan titik temu antar kendaraan dari berbagai macam arah ruas jalan. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk memaksimalkan kapasitas serta fungsinya agar tidak terjadi antrian dan kemacetan yang cukup tinggi pada persimpangan. sehingga akan menimbulkan efek negatif bagi pengguna jalan, lingkungan maupun ekonomi. Simpang yang dianalisis pada penelitian ini adalah simpang APILL Woncatur karena termasuk jalan Ringroad Timur dan merupakan jalur lintas bis antar kota Yogyakarta menuju Solo, jawa tengah dan daerah sekitarnya. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memperbaiki tingkat kinerja simpang tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Analisis kuantitaf dan kualitatif dengan menggunakan metode PKJI melalui survey traffic counting pada 1 Maret 2017 pukul 06.00 – 18.00 maka didapatkan jam puncak pada 06.45 – 07.45 WIB, Pada penelitian ini hasil analisa simpang dimodelkan pada software VISSIM 9.0 Hasil yang didapatkan dari analisa ini dengan menggunakan metode PKJI dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) pada lengan, lengan Selatan sebesar 1,213, Utara sebesar 1,213, lengan barat sebesar 1,035 dan lengan Timur sebesar 1,383. Panjang antrian (PA) lengan Selatan 175 meter, lengan Utara sebesar 124 meter, lengan barat 160 meter dan lengan Timur 378 meter, tundaan rata-rata simpang sebesar 291,73 det/skr. Pada simpang Wonocatur dikategorikan mempunyai tingkat pelayanan lalu lintas F (buruk sekali). Untuk memperbaiki kinerja simpang tersebut maka dilakukan beberapa perbaikan berupa alternatif (skenario) perancangan ulang fase, pelebaran geometrik simpang dan kombinasi pelebaran geometrik simpang dengan pengaturan ulang lampu lalu lintas. Kemudian hasil analisa simpang dimodelkan pada software VISSIM 9.0 dengan hasil skenario terbaik berupa kombinasi pelebaran geometrik simpang dengan pengaturan ulang lampu lalu lintas sehingga tingkat pelayanan yang semula F (buruk sekali) meningkat menjadi E
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10899
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV