Show simple item record

dc.contributor.advisorNOOR MAHMUDAH
dc.contributor.advisorDIAN SETIAWAN
dc.contributor.authorROCHMAN, MUHAMMAD KAUTSAR NUR
dc.date.accessioned2017-06-13T03:54:27Z
dc.date.available2017-06-13T03:54:27Z
dc.date.issued2017-05-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10912
dc.description.abstractKabupaten Kulonprogo termasuk dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai kota pelajar, kota budaya, dan kota tujuan wisata yang mampu menarik pendatang. Jumlah penduduk dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat menyebabkan bertambahnya jumlah pemilik kendaraan yang akan berakibat pada perilaku pengguna jalan raya serta berakibat meningkatnya volume lalu lintas. Jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22, merupakan jalan arteri yang menghubungkan antara Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulonprogo dan jalan strategis penghubung Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Karena seringnya terjadi kecelakaan pada ruas jalan ini, maka salah satu cara untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut dengan melakukan analisis terhadap penyebab kecelakaan lalu lintas. Inspeksi Keselamatan Jalan perlu dilakukan untuk mengidentifikasi situasi yang beresiko tinggi atau potensi terjadinya kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan Ispeksi Keselamatan Jalan seperti geometrik dan perlengkapan pada ruas Jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22, mengevaluasi kondisi perkerasan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) pada ruas Jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22, dan memberikan alternatif solusi untuk meningkatkan keselamatan jalan khususnya geometrik jalan dan perkerasan jalan. Penelitian ini meninjau tentang kelayakan geometrik jalan, kerusakan struktur perkerasan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI), dan perlengkapan jalan pada jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22. Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) memberikan gambaran tentang keamanan dan keselamatan pengguna jalan seta kelancaran arus lalu lintas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ruas Jalan Yogyakarta – Wates Km 15-22 memiliki 3 tikungan yang semuanya berjenis S-C-S dan jarak pandang henti (Jh) sebesar 89,910 m sedangkan jarak pandang mendahului (Jd) sebesar 383,733 m sudah memenuhi Karena dalam perencanaannya jarak pandang henti (Jh) 106,559 m dan jarak pandanag mendahului (Jd) 441,952 m. (2) Nilai indeks kondisi struktur perkerasan (PCI) rata-rata pada jalan Yogyakarta – Wates Km 15-19 adalah 93,8% kategori sempurna (excellent). Kerusakan berdasarkan jenis kerusakan tertinggi yaitu retak kulit buaya 30,43%, pinggiran jalan turun 21,74%, tambalan 13,04%, sungkur 13,04%, retak memanjang 8,70%, lubang 8,70%, pelepasan butir 4,35%. (3) Persentase perlengkapan jalan yang tidak memenuhi standar sebesar 44,44%, perlengkapan jalan pada ruas jalan Yogyakarta – Wates Km 15-22 kelengkapan rambu yang kurang, seperti rambu peringatan jalan berliku, rambu peringatan ada jembatan, rambu batas kecepatan, rambu petunjuk arah belok kanan dan kiri belum lengkap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat potensi daerah rawan kecelakaan yang tidak memberi keselamatan bagi pengguna jalan tersebut.en_US
dc.description.sponsorshipKabupaten Kulonprogo termasuk dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai kota pelajar, kota budaya, dan kota tujuan wisata yang mampu menarik pendatang. Jumlah penduduk dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat menyebabkan bertambahnya jumlah pemilik kendaraan yang akan berakibat pada perilaku pengguna jalan raya serta berakibat meningkatnya volume lalu lintas. Jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22, merupakan jalan arteri yang menghubungkan antara Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulonprogo dan jalan strategis penghubung Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Karena seringnya terjadi kecelakaan pada ruas jalan ini, maka salah satu cara untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut dengan melakukan analisis terhadap penyebab kecelakaan lalu lintas. Inspeksi Keselamatan Jalan perlu dilakukan untuk mengidentifikasi situasi yang beresiko tinggi atau potensi terjadinya kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan Ispeksi Keselamatan Jalan seperti geometrik dan perlengkapan pada ruas Jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22, mengevaluasi kondisi perkerasan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) pada ruas Jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22, dan memberikan alternatif solusi untuk meningkatkan keselamatan jalan khususnya geometrik jalan dan perkerasan jalan. Penelitian ini meninjau tentang kelayakan geometrik jalan, kerusakan struktur perkerasan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI), dan perlengkapan jalan pada jalan Yogyakarta-Wates Km 15-22. Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) memberikan gambaran tentang keamanan dan keselamatan pengguna jalan seta kelancaran arus lalu lintas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ruas Jalan Yogyakarta – Wates Km 15-22 memiliki 3 tikungan yang semuanya berjenis S-C-S dan jarak pandang henti (Jh) sebesar 89,910 m sedangkan jarak pandang mendahului (Jd) sebesar 383,733 m sudah memenuhi Karena dalam perencanaannya jarak pandang henti (Jh) 106,559 m dan jarak pandanag mendahului (Jd) 441,952 m. (2) Nilai indeks kondisi struktur perkerasan (PCI) rata-rata pada jalan Yogyakarta – Wates Km 15-19 adalah 93,8% kategori sempurna (excellent). Kerusakan berdasarkan jenis kerusakan tertinggi yaitu retak kulit buaya 30,43%, pinggiran jalan turun 21,74%, tambalan 13,04%, sungkur 13,04%, retak memanjang 8,70%, lubang 8,70%, pelepasan butir 4,35%. (3) Persentase perlengkapan jalan yang tidak memenuhi standar sebesar 44,44%, perlengkapan jalan pada ruas jalan Yogyakarta – Wates Km 15-22 kelengkapan rambu yang kurang, seperti rambu peringatan jalan berliku, rambu peringatan ada jembatan, rambu batas kecepatan, rambu petunjuk arah belok kanan dan kiri belum lengkap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat potensi daerah rawan kecelakaan yang tidak memberi keselamatan bagi pengguna jalan tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectINSPEKSI KESELAMATAN JALANen_US
dc.subjectJALAN YOGYAKARTA-WATES KM 15-22en_US
dc.subjectGEOMETRIK JALANen_US
dc.subjectKONDISI STRUKTUR PERKERASAN JALANen_US
dc.subjectPERLENGKAPAN JALANen_US
dc.titleINSPEKSI KESELAMATAN JALAN DI YOGYAKARTA ROAD SAFETY INSPECTION IN YOGYAKARTA (STUDI KASUS JALAN YOGYAKARTA - WATES KM 15-22 SENTOLO KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record