View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENGGANTIAN AGREGAT KASAR No. 1/2” DAN No. 3/8” DENGAN STEEL SLAG TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN HRS-WC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (80.99Kb)
      HALAMAN JUDUL (295.8Kb)
      INTISARI (86.57Kb)
      BAB I (109.7Kb)
      BAB II (314.3Kb)
      BAB III (183.0Kb)
      BAB IV (192.2Kb)
      BAB V (509.9Kb)
      BAB VI (98.82Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (29.51Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (468.8Kb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      SETYAWAN, FARID YUSUF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Jalan merupakan sarana penghubung mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain guna meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Biaya pembangunan yang semakin mahal dan ketersedaiaan bahan perkerasan jalan terutama agregat yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang semakin menipis dan susah ditemui belakangan ini, sehingga menjadi faktor pendorong untuk melakukan inovasi alternatif khususnya pada bahan perkerasan jalan seperti agregat kasar dengan memanfaatkan bahan yang ada seperti halnya limbah atau bahan sejenisnya yang ada sehingga dapat mengurangi banyaknya limbah lingkungan. Pada penelitian ini digunakan limbah sisa pengolahan baja sebagai alternatif pengganti agregaat kasar No. 1/2" dan No. 3/8” pada campuran HRS-WC terhadap karakteristik Marshall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisis steel slag sebagai pengganti agregat No. 1/2" dan No. 3/8” dalam campuran HRS-WC dan pengaruh penggunaan steel slag terhadap parameter Marshall. Penelitian ini menggunakan kadar aspal yang didapat dari pengujian kadar aspal optimum (KAO) dan Parameter Marshall yang meliputi Density, VFWA, VITM, VMA, Stability, Flow dan Marshall Questiont (MQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan steel slag pada campuran HRS-WC memberikan pengaruh yang signifikan pada semua karakteristik Marshall. Nilai stabilitas yang didapat dari penambahan steel slag sebesar 0%, 15%, 25%, 35%, 45%, dan 55% adalah sebesar 1904.42 kg, 2112.86 kg, 2146.98 kg, 2097.12 kg, dan 2180.32 kg. Disamping itu untuk nilai Density, VFWA, VITM, VMA stability, dan MQ mengalami fluktuasi kenaikkan dan penurunan nilai yang signifikan dan masih menujukkan rentang nilai yang memenuhi spesifikasi yang diisyaratkan oleh Bina Marga edisi 2010.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10934
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV