View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 3 LENGAN (STUDI KASUS : PERTIGAAN JL. PAKUNINGRATAN YOGYAKARTA)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (114.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (3.035Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (2.400Mb)
      INTISARI (9.185Kb)
      BAB I (89.90Kb)
      BAB II (152.9Kb)
      BAB III (1.027Mb)
      BAB IV (251.6Kb)
      BAB V (320.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (4.927Kb)
      LAMPIRAN (1.068Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (262.1Kb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      WAHYUDIN, WAHYUDIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Persimpangan adalah simpul pada jaringan jalan dimana jalan-jalan dan lintasan kendaraan berpotongan. Persimpangan adalah faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan, khususnya di daerah-daerah perkotaan. Bangkitan perjalanan akibat pembangunan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyebabkan dampak terhadap kondisi lalulintas di masa mendatang yang akan mengurangi kinerja operasi simpang. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu pengkajian perkiraan dampak terhadap kapasitas simpang. Tujuan penelitian ini adalah menghitung kapasitas simpang, menghitung derajat kejenuhan, menghitung tundaan, menghitung peluang antrian dan menganilisis bangkitan perjalanan pembangunan di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 1 hari dengan jam pelaksanaan survai selama 8 jam. Penelitian ini dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 06 juni 2015 antara jam 07.00-16.00.00 WIB. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan cara manual yang mengacu pada MKJI, 1997. Hasil analisis penelitian ini adalah kapasitas simpang tak bersinyal 3-lengan yang terbesar adalah 3384 smp/jam pada jam 13.00-14.00, Derajat kejenuhan yang tertinggi sebesar 1,13 .Waktu tundaan lalu lintas simpang (DTI) untuk simpang 24,43 detik/smp. Peluang antrian 45,3% - 145,6% Dari hasil penilitian diatas menunjukan bahwa simpang 3 jalan Pakuningratan ubtuk saat ini kurang baik, sehingga harus dilakukan perbaikan salah satuhnya dengan memberlakukan sistem satu arah di jalan Pakuningratan Yogyakarta, setelah diberlakukan sistem satu arah akan mengurangi volume kendaraan menjadi 2783,8 smp/jam dan Waktu tundaan lalu lintas simpang (DTI) untuk simpang 12,36 detik/smp. Peluang antrian 37,35% - 119,83% dan nilai (DS) 0,93 dengan demikian dapat mengurangi kemacetan walapun belum memenuhi MKJI (1997) Yakni nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,80
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10945
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV