STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2015 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA
Abstract
Pariwisata merupakan sektor unggulan yang mampu memberikan kontribusi besar kepada Provinsi DIY. Sebagai daerah yang memiliki berbagai potensi pariwisata, membuka peluang untuk provinsi ini meningkatkan pendapatan daerah dengan memanfaatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Pertumbuhan wisman sendiri pada setiap tahunnya cukup berfluktuasi seperti pada tahun 2014 terjadi penurunan pertumbuhan kunjungan yang drastis tetapi, pada tahun selanjutnya yaitu 2015 terjadi kenaikan yang sangat signifikan. Peningkatan kunjungan wisman tersebut tidak terlepas dari peran aktif Dinas Pariwisata Provinsi DIY yang terus berupaya melakukan promosi untuk mengembalikan pertumbuhan kunjungan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara serta studi dokumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi pariwisata pada tahun 2015 yang digunakan Dinas Pariwisata Provinsi DIY dalam meningkatkan wisatawan mancanegara.
Berdasarkan hasil penelitian, Dinpar DIY dalam menjalankan strategi promosi menggunakan beberapa langkah strategis yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Pada pelaksanaannya menggunakan beberapa bauran promosi sebagai media pelaksana promosi antara lain Periklanan, Event and Experience, Hubungan Masyarakat, Pemasaran langsung, Informasi dari Mulut ke Mulut, Penjualan Perseorangan serta Sale Support. Penerapan buaran promosi pada strategi promosi yang dijalankan belum optimal khususnya pada media Periklanan. Konten atau materi pada media periklanan tersebut hanya berisikan wisata umum saja seperti destinasi-destinasi wisata yang DIY miliki, sedangkan terdapat beberapa event promosi yang juga perlu untuk dikomunikasikan kepada calon wisman, yang mana dampaknya akan turut menyukseskan event tersebut.