Show simple item record

dc.contributor.advisorPUJI HARSANTO
dc.contributor.advisorJAZAUL IKHSAN
dc.contributor.authorARWANA, AHMAD
dc.date.accessioned2017-06-14T06:32:31Z
dc.date.available2017-06-14T06:32:31Z
dc.date.issued2017-04-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11003
dc.description.abstractDengan adanya pilar diatas sungai maka, aliran air akan terganggu yang semula aliran tersebut lurus, menjadi berubah setelah adanya pilar. Hal ini, dapat mempengaruhi gerusan dan pola gerusan yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola gerusan dan pola aliran di sekitar pilar, sehingga diharapkan mampu menjadi acuan dalam perencanaan bentuk pilar jembatan nantinya. Pada penelitian ini dibuat Pemodelan Fisik di Laboratorium Keairan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bentuk pilar yang digunakan dalam kajian yaitu pilar dengan bentuk kapsul dan tajam Hasil analisis pada pilar tajam kecepatan aliran tertinggi 0,5640 m/s di bagian hulu dan kecepatan aliran disekitar pilar tertinggi 0,8467 m/s, dengan kedalaman gerusan pada pilar tajam bagian depan sebesar 20 mm, dengan sisi kiri dan kanan pilar sedalam 33 mm serta pada sisi belakang sebesar 15 mm, awal gerusan dimulai 2 cm di depan pilar, gerusan melebar sepanjang 4 cm di kanan dan kiri pilar kemudian terus melebar bergerak hingga ke hilir pilar sejauh 31cm pada sisi kiri dan 41 cm pada sisi kanan. Pada daerah belakang pilar sepanjang 20 cm di bagian tengah pengaruh gerusan membentuk timbunan sedimen. Pada pilar kapsul kecepatan aliran tertinggi 0,4989 m/s di bagian hulu dan kecepatan aliran di sekitar pilar tertinggi 0,5731 m/s dengan kedalaman gerusan pada pilar kapsul bagian depan sedalam 33 mm, dengan sisi kiri dan kanan pilar sedalam 33 mm serta pada sisi belakang sedalam 10 mm, awal gerusan dimulai 2,5 cm di depan pilar, gerusan melebar sepanjang 5,5 cm di kanan dan 2 cm di kiri pilar kemudian terus melebar bergerak hingga ke hilir pilar sejauh 37 cm pada sisi kiri dan 38 cm pada sisi kanan. Pada daerah belakang pilar sepanjang 22 cm di bagian tengah pengaruh gerusan membentuk timbunan sedimen.en_US
dc.description.sponsorshipDengan adanya pilar diatas sungai maka, aliran air akan terganggu yang semula aliran tersebut lurus, menjadi berubah setelah adanya pilar. Hal ini, dapat mempengaruhi gerusan dan pola gerusan yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola gerusan dan pola aliran di sekitar pilar, sehingga diharapkan mampu menjadi acuan dalam perencanaan bentuk pilar jembatan nantinya. Pada penelitian ini dibuat Pemodelan Fisik di Laboratorium Keairan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bentuk pilar yang digunakan dalam kajian yaitu pilar dengan bentuk kapsul dan tajam Hasil analisis pada pilar tajam kecepatan aliran tertinggi 0,5640 m/s di bagian hulu dan kecepatan aliran disekitar pilar tertinggi 0,8467 m/s, dengan kedalaman gerusan pada pilar tajam bagian depan sebesar 20 mm, dengan sisi kiri dan kanan pilar sedalam 33 mm serta pada sisi belakang sebesar 15 mm, awal gerusan dimulai 2 cm di depan pilar, gerusan melebar sepanjang 4 cm di kanan dan kiri pilar kemudian terus melebar bergerak hingga ke hilir pilar sejauh 31cm pada sisi kiri dan 41 cm pada sisi kanan. Pada daerah belakang pilar sepanjang 20 cm di bagian tengah pengaruh gerusan membentuk timbunan sedimen. Pada pilar kapsul kecepatan aliran tertinggi 0,4989 m/s di bagian hulu dan kecepatan aliran di sekitar pilar tertinggi 0,5731 m/s dengan kedalaman gerusan pada pilar kapsul bagian depan sedalam 33 mm, dengan sisi kiri dan kanan pilar sedalam 33 mm serta pada sisi belakang sedalam 10 mm, awal gerusan dimulai 2,5 cm di depan pilar, gerusan melebar sepanjang 5,5 cm di kanan dan 2 cm di kiri pilar kemudian terus melebar bergerak hingga ke hilir pilar sejauh 37 cm pada sisi kiri dan 38 cm pada sisi kanan. Pada daerah belakang pilar sepanjang 22 cm di bagian tengah pengaruh gerusan membentuk timbunan sedimen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPILARen_US
dc.subjectKECEPATAN ALIRANen_US
dc.subjectPOLA ALIRANen_US
dc.subjectSEDIMENTASIen_US
dc.subjectGERUSAN LOKALen_US
dc.titleANALISA MODEL FISIK TERHADAP GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN (STUDI KASUS : PILAR KASUS DAN PILAR TAJAM PADA ALIRAN SUPERKRITIK)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record