View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISA MODEL FISIK TERHADAP GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN (STUDI KASUS : PILAR KASUS DAN PILAR TAJAM PADA ALIRAN SUPERKRITIK)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (88.56Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.216Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (272.5Kb)
      INTISARI (112.3Kb)
      BAB I (145.0Kb)
      BAB II (130.1Kb)
      BAB III (496.3Kb)
      BAB IV (585.3Kb)
      BAB V (1.456Mb)
      BAB VI (115.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (92.48Kb)
      NASKAH SEMINAR (1.378Mb)
      LAMPIRAN (1.305Mb)
      Date
      2017-04-26
      Author
      ARWANA, AHMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dengan adanya pilar diatas sungai maka, aliran air akan terganggu yang semula aliran tersebut lurus, menjadi berubah setelah adanya pilar. Hal ini, dapat mempengaruhi gerusan dan pola gerusan yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola gerusan dan pola aliran di sekitar pilar, sehingga diharapkan mampu menjadi acuan dalam perencanaan bentuk pilar jembatan nantinya. Pada penelitian ini dibuat Pemodelan Fisik di Laboratorium Keairan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bentuk pilar yang digunakan dalam kajian yaitu pilar dengan bentuk kapsul dan tajam Hasil analisis pada pilar tajam kecepatan aliran tertinggi 0,5640 m/s di bagian hulu dan kecepatan aliran disekitar pilar tertinggi 0,8467 m/s, dengan kedalaman gerusan pada pilar tajam bagian depan sebesar 20 mm, dengan sisi kiri dan kanan pilar sedalam 33 mm serta pada sisi belakang sebesar 15 mm, awal gerusan dimulai 2 cm di depan pilar, gerusan melebar sepanjang 4 cm di kanan dan kiri pilar kemudian terus melebar bergerak hingga ke hilir pilar sejauh 31cm pada sisi kiri dan 41 cm pada sisi kanan. Pada daerah belakang pilar sepanjang 20 cm di bagian tengah pengaruh gerusan membentuk timbunan sedimen. Pada pilar kapsul kecepatan aliran tertinggi 0,4989 m/s di bagian hulu dan kecepatan aliran di sekitar pilar tertinggi 0,5731 m/s dengan kedalaman gerusan pada pilar kapsul bagian depan sedalam 33 mm, dengan sisi kiri dan kanan pilar sedalam 33 mm serta pada sisi belakang sedalam 10 mm, awal gerusan dimulai 2,5 cm di depan pilar, gerusan melebar sepanjang 5,5 cm di kanan dan 2 cm di kiri pilar kemudian terus melebar bergerak hingga ke hilir pilar sejauh 37 cm pada sisi kiri dan 38 cm pada sisi kanan. Pada daerah belakang pilar sepanjang 22 cm di bagian tengah pengaruh gerusan membentuk timbunan sedimen.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11003
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV