Show simple item record

dc.contributor.advisorMASRURI, SISWANTO
dc.contributor.advisorHAMAMI, TASMAN
dc.contributor.authorAMINAH, SITI
dc.date.accessioned2017-06-15T07:27:18Z
dc.date.available2017-06-15T07:27:18Z
dc.date.issued2016-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11091
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan fun card sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar, keaktifan diri, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI. Fokus penelitian ini adalah bagaimana efektifitas penggunaan fun card untuk meningkatkan motivasi belajar, keaktifan diri, dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran PAI di SMA. Hipotesis penelitian yang diuji yaitu penggunaan fun card sebagai media pembelajaran adalah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, keaktifan diri, dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, di mana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sekolah yang dipilih, dengan menggunakan tehnik random sampling adalah 6 SMA yang memiliki karakteristik sama dari 45 sekolah di Kabupaten Sleman. Populasi peserta didik adalah seluruh peserta didik SMA di Kabupaten Sleman yang mengikuti pelajaran PAI. Dengan purposive sampling technique yang menjadi sampel seluruh peserta didik kelas X dari 6 SMA yang telah ditetapkan. Peserta didik tersebut dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen sejumlah 313 orang dan kelompok kontrol sejumlah 372 orang, total seluruhnya sejumlah 685 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data dari motivasi belajar dan keaktifan diri berbentuk skala. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan test. Data tersebut digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan t Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan fun card terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, keaktifan diri, dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran PAI di SMA. Efektifitas penggunaan fun card dibuktikan melalui nilai-nilai pengukuran terhadap peningkatan rerata motivasi belajar sebesar angka 8.454, keaktifan diri sebesar 23.783, dan hasil belajar peserta didik sebesar 7.488. Hasil uji t ini membuktikan bahwa peningkatan tersebut secara statistik berarti pada tingkat kepercayaan t 0.05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan fun card sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, keaktifan diri, dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran PAI di SMA.en_US
dc.publisherPPI UMYen_US
dc.subjectFUN CARDen_US
dc.subjectMOTIVASI BELAJARen_US
dc.subjectKEAKTIFAN DIRIen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENGGUNAAN FUN CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, KEAKTIFAN DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KABUPATEN SLEMANen_US
dc.typeDissertation PPI 5 2016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record