Show simple item record

dc.contributor.advisorDARDIRI, TAUFIQ AHMAD
dc.contributor.advisorHAMAMI, TASMAN
dc.contributor.authorFAUZI, AHMAD
dc.date.accessioned2017-06-16T03:36:09Z
dc.date.available2017-06-16T03:36:09Z
dc.date.issued2016-01-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11116
dc.description.abstractMahasiswa adalah peserta didik dengan segala atribut yang melekat padanya. Karena itu diperlukan monitoring dan evaluasi dari lembaga pendidikan untuk memantau perkembangan mahasiswa. Untuk itulah penelitian ini bertujuan menjelaskan problematika dan solusi pengajaran bahasa Arab di IAIN Surakarta. Berdasarkan telaah tersebut penelitian ini berupaya menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis berbagai metodologi pengajaran bahasa Arab dalam hubungannya dengan aspek psikologis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan metode dan teknik penelitian dipilih karena masalah yang dikaji menyangkut aktifitas pengajaran yang memerlukan deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Trianggulasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa fakta yang didukung oleh sebagian besar subjek, di antaranya perlunya metode demonstrasi dalam pengajaran bahasa Arab untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami materi, sehingga akan muncul mental positif dari dalam diri mahasiswa. Metode demonstrasi sendiri merupakan metode pengajaran melalui model tertentu yang menuntut dosen mempunyai kemampuan khusus dalam mensimulasikan suatu materi kepada mahasiswa. Di samping itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada beberapa subjek, mahasiswa sendirilah secara pribadi yang berperan dalam membangun mental positif.en_US
dc.publisherPPI UMYen_US
dc.subjectMETODOLOGIen_US
dc.subjectPSIKOLOGISen_US
dc.subjectBAHASA ARABen_US
dc.subjectDEMONSTRASIen_US
dc.titleASPEK PSIKOLOGIS DAN METODOLOGIS DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI IAIN SURAKARTAen_US
dc.typeDissertation PPI 3 2016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record