ASPEK PSIKOLOGIS DAN METODOLOGIS DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI IAIN SURAKARTA
Abstract
Mahasiswa adalah peserta didik dengan segala atribut yang melekat padanya. Karena itu diperlukan monitoring dan evaluasi dari lembaga pendidikan untuk memantau perkembangan mahasiswa. Untuk itulah penelitian ini bertujuan menjelaskan problematika dan solusi pengajaran bahasa Arab di IAIN Surakarta. Berdasarkan telaah tersebut penelitian ini berupaya menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis berbagai metodologi pengajaran bahasa Arab dalam hubungannya dengan aspek psikologis mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan metode dan teknik penelitian dipilih karena masalah yang dikaji menyangkut aktifitas pengajaran yang memerlukan deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Trianggulasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa fakta yang didukung oleh sebagian besar subjek, di antaranya perlunya metode demonstrasi dalam pengajaran bahasa Arab untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami materi, sehingga akan muncul mental positif dari dalam diri mahasiswa. Metode demonstrasi sendiri merupakan metode pengajaran melalui model tertentu yang menuntut dosen mempunyai kemampuan khusus dalam mensimulasikan suatu materi kepada mahasiswa. Di samping itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada beberapa subjek, mahasiswa sendirilah secara pribadi yang berperan dalam membangun mental positif.