Show simple item record

dc.contributor.advisorSURYANDARI, GALUH
dc.contributor.authorMAHMUDAH, HIMATUL
dc.date.accessioned2017-06-19T06:51:11Z
dc.date.available2017-06-19T06:51:11Z
dc.date.issued2016-12-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11214
dc.description.abstractLatar belakang: Integritas akademik adalah prinsip-prinsip moral yang harus diterapkan dalam lingkungan akademik, terutama yang terkait dengan kebenaran, keadilan dan kejujuran pada mahasiswa kedokteraan. Dalam proses belajar, mahasiswa kedokteran diharapkan dapat memahami nilai integritas akademik dan menerapkannya sehingga dapat mewujudkan profesi dokter yang profesional sesuai standar kompetensi. Hasil belajar yang baik merupakan indikator pemahaman yang baik terhadap materi yang didapatkan, hal ini menjadi perhatian bagi pendidik untuk dapat menanamkan nilai integritas pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan dokter angkatan 2014. Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel berjumlah 147 mahasiswa, dengan menggunakan proportional random sampling. Data yang diperoleh diolah dengan uji Kendall tau dan Spearman. Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur yaitu kesioner pengetahuan tentang intregritas akademik dan hasil belajar mahaisswa berupa nilai IPK semester 1 hingga 4. Hasil: Tingkat pengetahuan mahasiswa tentang pengetahuan integritas akademik mayoritas berada dalam kategori baik sebanyak 105 responden (71,4%). Sementara itu, gambaran hasil belajar mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2014 sebagian besar adalah kategori baik sejumlah 84 responden (57,1%). Dari hasil analisis terdapat hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikansi pada hasil menunjukkan 0,000 (p=<0,05) dan nilai korelasi +0,347. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.description.sponsorshipLatar belakang: Integritas akademik adalah prinsip-prinsip moral yang harus diterapkan dalam lingkungan akademik, terutama yang terkait dengan kebenaran, keadilan dan kejujuran pada mahasiswa kedokteraan. Dalam proses belajar, mahasiswa kedokteran diharapkan dapat memahami nilai integritas akademik dan menerapkannya sehingga dapat mewujudkan profesi dokter yang profesional sesuai standar kompetensi. Hasil belajar yang baik merupakan indikator pemahaman yang baik terhadap materi yang didapatkan, hal ini menjadi perhatian bagi pendidik untuk dapat menanamkan nilai integritas pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan dokter angkatan 2014. Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel berjumlah 147 mahasiswa, dengan menggunakan proportional random sampling. Data yang diperoleh diolah dengan uji Kendall tau dan Spearman. Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur yaitu kesioner pengetahuan tentang intregritas akademik dan hasil belajar mahaisswa berupa nilai IPK semester 1 hingga 4. Hasil: Tingkat pengetahuan mahasiswa tentang pengetahuan integritas akademik mayoritas berada dalam kategori baik sebanyak 105 responden (71,4%). Sementara itu, gambaran hasil belajar mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2014 sebagian besar adalah kategori baik sejumlah 84 responden (57,1%). Dari hasil analisis terdapat hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikansi pada hasil menunjukkan 0,000 (p=<0,05) dan nilai korelasi +0,347. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPENGETAHUANen_US
dc.subjectINTEGRITAS AKADEMIKen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPROFESIONALISME DOKTERen_US
dc.titleHUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG INTEGRITAS AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 494en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record