HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG INTEGRITAS AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Latar belakang: Integritas akademik adalah prinsip-prinsip moral yang harus diterapkan dalam lingkungan akademik, terutama yang terkait dengan kebenaran, keadilan dan kejujuran pada mahasiswa kedokteraan. Dalam proses belajar, mahasiswa kedokteran diharapkan dapat memahami nilai integritas akademik dan menerapkannya sehingga dapat mewujudkan profesi dokter yang profesional sesuai standar kompetensi. Hasil belajar yang baik merupakan indikator pemahaman yang baik terhadap materi yang didapatkan, hal ini menjadi perhatian bagi pendidik untuk dapat menanamkan nilai integritas pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan dokter angkatan 2014.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel berjumlah 147 mahasiswa, dengan menggunakan proportional random sampling. Data yang diperoleh diolah dengan uji Kendall tau dan Spearman. Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur yaitu kesioner pengetahuan tentang intregritas akademik dan hasil belajar mahaisswa berupa nilai IPK semester 1 hingga 4.
Hasil: Tingkat pengetahuan mahasiswa tentang pengetahuan integritas akademik mayoritas berada dalam kategori baik sebanyak 105 responden (71,4%). Sementara itu, gambaran hasil belajar mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2014 sebagian besar adalah kategori baik sejumlah 84 responden (57,1%). Dari hasil analisis terdapat hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikansi pada hasil menunjukkan 0,000 (p=<0,05) dan nilai korelasi +0,347.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan tentang integritas akademik dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.