PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETAATAN BERIBADAH SISWA SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan agama Islam dalam keluarga, pergaulan teman sebaya, ketaatan beribadah siswa SMP Muhammdiyah Kasihan. Selanjutnya menganalisis pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap ketaatan beribadah siswa, pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap ketaatan beribadah siswa, serta pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap ketaatan beribadah siswa SMP Muhammdiyah Kasihan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional, dengan pengambilan sampel sebanyak 72 siswa dari populasi berjumlah 353 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner atau angket model skala likert. Untuk uji validitas menggunakan korelasi Product Momen dari Pearson dengan rumus r hitung > r tabel. Data dianalisis secara deskriptif, uji asumsi klasik, regresi sederhana serta regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga berada dalam kategori baik sebesar 43%. Untuk pergaulan teman sebaya berada pada kategori baik yaitu sebesar 54%. Sedangkan ketaatan beribadah siswa juga berada pada kategori taat sebesar 57%. Selanjutnya dari hasil uji hipotetis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,000 dari pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap ketaatan beribadah siswa. Pergaulan teman sebaya juga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,004 terhadap ketaatan beribadah siswa. Pendidikan agama Islam dalam keluarga dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama juga memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 terhadap ketaatan beribadah siswa.